Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Dapat Centang Biru Instagram secara Gratis dan Berbayar

Cara pertama adalah dengan melakukan pengajuan secara mandiri ke Instagram. Warganet sering menyebut cara ini sebagai "jalur prestasi" karena pengguna harus memasukkan bidang (media, hiburan, olahraga, dan lainnya) serta link situs untuk menunjukkan hasil pekerjaan. Selain itu, cara ini juga tanpa biaya alias gratis.

Cara kedua adalah mendapatkan centang biru dengan berlangganan layanan Meta Verified. Di program ini, harga centang biru Instagram paling mahal dibanderol Rp 130.000 per bulan.

Keduanya memiliki persyaratan dan cara pengajuan yang berbeda. Berikut KompasTekno rincikan cara dapat centang biru Instagram secara gratis lewat jalur "prestasi" dan berbayar.

Cara dapat centang biru Instagram gratis

Sebelum ada layanan Meta Verified, satu-satunya cara mendapatkan lencana biru adalah dengan melakukan pengajuan kepada Instagram secara langsung, tanpa dipungut biaya.

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi pengguna untuk lolos pengajuan verified account tanpa bayar:

Bila syarat terpenuhi, pengguna bisa melakukan pengajuan verified account dengan melangkukan langkah-langkah berikut ini:

Cara di atas dilakukan melalui aplikasi WhatsApp Android versi 294.0.0.33.87. Beda versi aplikasi WhatsApp, kemungkinan akan berbeda tahapannya. Namun, secara garis besar, pengguna bisa menemukan opsi tersebut di menu "Account type and tool".

Setelah mengisi beberapa data untuk verifikasi, Instagram akan meninjau kurang lebih selama 30 hari setelah permintaan. Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuan centang biru pada akunnya diterima atau tidak melalui tab notifikasi.

Meski demikian, perlu diperhatikan bagi pengguna, bahwa pengajuan yang memenuhi syarat untuk verifikasi tidak menjamin akun tersebut akan diverifikasi. Setelah akun mendapatkan centang biru, pengguna tidak boleh mengubah nama akun.

Selain akun otomatis berubah jadi verified account, pengguna juga bakal mendapat benefit lain seperti centang biru di akun Threads, perlindungan ekstra dari terhadap akun yang mengaku sebagai pengguna, dan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan serta fitur stiker eksklusif.

Harga centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Instagram dan Facebook versi web - Rp 100.000 per bulan
  • Instagram dan Facebook verso iOS dan Android - Rp 130.000 per bulan

Untuk berlangganan Meta Verified dan menikmati seluruh benefitnya, pengguna harus memastikan telah memenuhi syarat minimum berikut ini:

  • Berusia minimal 18 tahun atau lebih.
  • Memiliki profil publik atau pribadi dengan nama lengkap sesuai dengan standar penamaan, dan memiliki foto profil yang menyertakan wajah pengguna.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor, dapat diselesaikan setelah pembayaran. Memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat posting sebelumnya.
  • Memiliki tanda pengenal resmi (ID yang dikeluarkan pemerintah) yang sesuai dengan nama dan foto di profil.

Bila syarat terpenuhi, pengguna bisa berlangganan dengan cara sebagai berikut:

  • Selanjutnya, Anda akan diminta menyelesaikan proses verifikasi dan mengunggah Tanda Pengenal Anda.
  • Pilih profil yang ingin diverifikasi, lalu ketuk Konfirmasi identitas Anda.
  • Perbarui nama Anda, lalu ketuk "Simpan".
  • Pilih jenis tanda pengenal yang Anda gunakan, lalu ketuk Berikutnya.
  • Baca rekomendasi untuk konfirmasi Tanda Pengenal, lalu ketuk "Ambil gambar".
  • Konfirmasikan bahwa informasi terlihat, lalu ketuk "Berikutnya". Jika informasi tidak terlihat jelas, ketuk "Foto ulang".
  • Ambil foto bagian belakang Tanda Pengenal Anda, lalu ketuk "Ambil foto".
  • Konfirmasikan bahwa informasi terlihat, lalu ketuk "Kirim". Jika informasi tidak terlihat jelas, ketuk "Foto ulang".
  • Setelah Anda mengunggah Tanda Pengenal, ketuk "Selesai".

Perlu diingat, pengguna wajib menggunakan informasi yang valid dalam verifikasi identitas untuk layanan Meta Verified ini.

Sebab, Instagram mengatakan, bila menggunakan informasi palsu atau menyesatkan selama proses verifikasi, lencana terverifikasi pengguna bisa dinonaktifkan dan Instagram bisa mengambil tindakan tambahan terhadap akun Instagram Anda.

Setelah menyelesaikan proses verifikasi, pengguna akan menerima pemberitahuan terkait keputusan dalam waktu 48 jam atau 2 hari, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Help Instagram, Senin (7/8/2023).

Jika akun belum berhasil terverifikasi, pengguna bisa mengajukan ulang setelah biaya Meta Verified dikembalikan. Proses ini bisa memakan waktu hingga 60 hari dengan Apple Pay.

Itu dia dua cara menapatkan centang biru Instagram. Kalian lebih pilih lewat "jalur prestasi" atau jalur langganan Meta Verified?

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/07/14060017/2-cara-dapat-centang-biru-instagram-secara-gratis-dan-berbayar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke