Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone HTC Wildfire E Star Meluncur dengan Fitur Hibernasi

Kompas.com - 09/08/2023, 09:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber HTC Africa

KOMPAS.com - HTC resmi meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, HTC Wildfire E Star, di pasar Afrika, Selasa (8/8/2023). Smartphone ini memiliki fitur hibernasi aplikasi, agar baterai bisa bertahan lebih lama.

Layar HTC Wildfire E LCD 6,5 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.600 piksel) dan rasio layar 20:9. Di tengah atas layar, terdapat modul menyerupai tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 5 MP (f/2.2), dengan fitur fixed focus.

Dengan begitu, fokus kamera sudah diatur oleh pabrikan smartphone dan tidak bisa diatur lagi oleh penggunanya.

Sementara itu, bagian punggung HTC Wildfire E Star dibekali kamera utama 8 MP (f/2.2) dan modul QVGA 0,08 MP. Setup kamera ini disusun dalam sebuah modul persegi panjang, bersamaan dengan sebuah lampu flash LED.

Baca juga: Ingin Kembali Jualan Ponsel di Indonesia, HTC? Perhatikan 3 Faktor Ini

Kamera selfie HTC Wildfire E Star ini mendukung perekaman video resolusi HD 720p, sedangkan kamera utamanya dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080p.

Kamera utama dilengkapi sejumlah fitur fotografi seperti Beauty Mode, Panoramic Mode, dan Facial Recognition.

Di sektor performa, HTC Wildfire E Star ditenagai chipset Unisoc SC9832E berfabrikasi 28 nm. System-on-Chip (SoC) empat inti (quad-core) ini mencakup 4 unit Cortex-A53 dengan clockspeed puncak 1,3 GHz. Unit pengolah grafis (GPU)-nya adalah Mali-T820 MP1.

Chipset tersebut dipadankan dengan kombinasi RAM dan media penyimpanan (storage) 2/16 GB. Storage ponsel bisa diperluas hingga 256 GB dengan memanfaatkan kartu microSD.

Ponsel dengan dimensi 164,8 x 76,5 x 9,2 mm dan bobot 200 gram ini ditopang baterai 3.000 mAh dengan pengisian cepat berdaya 5 Watt.

Seperti disebut di awal, terdapat fitur hibernasi aplikasi yang menon-aktifkan aplikasi otomatis saat tidak dipakai lagi. Fitur ini diklaim mampu meningkatkan daya tahan baterai lebih lama.

Baca juga: HTC U23 Pro Meluncur dengan Snapdragon 7 Gen 1 dan 4 Kamera Belakang

Untuk software, HTC Wildfire E Star menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 (Go Edition), sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi HTC Africa, Rabu (9/8/2023).

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted), jack headphone 3,5 mm, port USB-C, AI face unlock, dual SIM, konektivitas 4G VoLTE, Bluetooth 4.2, dan masih banyak lagi.

HTC Wildfire E Star sudah muncul di halaman resmi HTC Africa. Kendati begitu, situs tersebut belum mencantumkan harga jual ponsel tersebut.

Selain itu, masih tidak diketahui juga apakah gawai ini tersedia secara eksklusif di Afrika, atau nantinya akan menyambangi pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com