Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Share Screen WA Hilang atau Tidak Muncul? Coba Lakukan Ini

Kompas.com - 09/08/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp resmi meluncurkan fitur baru screen sharing secara global mulai hari ini, Rabu (9/8/2023). Pengguna Indonesia termasuk yang salah satu sudah bisa meggunakan fitur ini. 

Fitur ini mirip Zoom meeting atau rapat online di Zoom. Pengguna dapat membagikan tampilan layar perangkatnnya pada pengguna lain saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.

Misalnya saja saat pengguna ingin menampilkan halaman word atau browser internet yang sedang dibuka saat video call. Hal ini menjadi salah satu inovasi baru bagi pengguna yang ingin melakukan meeting online dan melakukan presentasi sederhana.

Pantauan KompasTekno Rabu (9/8/2023) pagi, fitur ini sudah tersedia di aplikasi WA Android versi 2.23.15.81 dan WhatsApp desktop versi 2.2330.7.0. Sementara untuk pengguna iPhone, fitur screen sharing sudah hadir lebih dahulu di WhatsApp versi 23.12. 0.74

Kendati demikian bisa jadi sebagian pengguna masih belum bisa merasakannya atau justru fitur ini sempat muncul dan hilang lagi. Lantas bagaimana cara mengatasinnya? Berikut ini dua langkah yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Cek update secara berkala

fiitur screen sharingKompas.com/soffyaranti fiitur screen sharing

Fitur screen sharing baru saja digelontorkan secara global mulai Rabu, (9/8/2023). Fitur ini bisa jadi belum muncul pada pengguna Android dan iOS karena belum melakukan update/pembaruan di toko aplikasi Play Store atau App Store.

Maka dari itu Anda bisa mengecek ke toko aplikasi apakah terdapat notifikasi pembaruan.

  • Masuk ke toko aplikasi Google Play Store, App Store, Microsoft Store
  • Cari aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya klik "Update" untuk memperbarui aplikasi
  • Cek kembali ke aplikasi dan lihat fitur screen sharing WA

Baca juga: 6 Cara Bikin WhatsApp Terlihat Tidak Aktif biar Tidak Terganggu Saat Cuti Kerja

Menunggu update pembaruan

Apabila Anda telah memperbarui WhatsApp dan masih saja belum mendapatkan fitur baru WA screen sharing, satu-satunya adalah menunggu pembaruan dari pusat Whatsapp.

Seperti yang diketahui bahwa fitur ini baru saja hadir secara global. Artinya kehadiran fitur screen sharing WhatsApp masih belum merata di seluruh pengguna. Anda bisa mengecek secara berkala di toko aplikasi.

Demikian cara mengatasi fitur screen sharing yang belum muncul di ponsel. Adapun ulasan cara memggunakan fitur baru ini dapat menuju artikel "Screen Sharing Resmi Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting". Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com