Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Screen Sharing Resmi Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting

Kompas.com - 09/08/2023, 07:49 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis fitur baru screen sharing atau berbagi layar mulai hari ini, Rabu (9/8/2023), dan sudah menyambangi pengguna di Indonesia.

Seperti namanya, fitur screen sharing memungkinkan pengguna membagikan tampilan layar perangkatnya kepada pengguna lain, saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.

Misalnya menampilkan halaman Word atau browser internet yang sedang dibuka, saat video call. Dengan fitur baru screen sharing di WhatsApp ini, maka video call di WhatsApp menjadi mirip seperti Zoom meeting alias rapat online di Zoom.

Baca juga: Discord di Android dan iOS Kedatangan Fitur Screen Sharing, Begini Cara Pakainya

Pantauan KompasTekno, Rabu (9/8/2023) pagi, fitur berbagi layar video call WhatsApp tersedia di aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.15.81dan aplikasi WhatsApp desktop versi 2.2330.7.0.

Sementara untuk pengguna iPhone, fitur screen sharing sudah hadir lebih dahulu di WhatsApp versi 23.12. 0.74

WhatsApp rilis fitur baru screen sharing. Pengguna bisa berbagi layar ketika video call WhatsApp, mirip seperti Zoom meeting.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto WhatsApp rilis fitur baru screen sharing. Pengguna bisa berbagi layar ketika video call WhatsApp, mirip seperti Zoom meeting.
Pengguna WhatsApp di Tanah Air sudah mulai kebagian dan bisa menjajal fitur baru screen sharing saat video call WhatsApp mulai hari ini, 9 Agustus 2023. Namun, perilisan fitur ini tampaknya belum merata, sebab sebagian pengguna masih belum kebagian.

Bila sudah kebagian fitur screen sharing, pengguna bisa menemukan ikon "panah ke kanan" di bawah layar. Ikon ini terletak di antara ikon mematikan video dan membalik kamera di ponsel.

Ketika ikon panah kanan itu diklik, pengguna akan melihat jendela notifikasi soal fitur berbagi layar untuk pertama kalinya, seperti gambar di atas. Notifikasi itu berbunyi sebagai berikut:

Baca juga: Mirip Zoom, Facebook Messenger Kini Punya Fitur Screen Sharing

Berbagi layar di WhatsApp selalu bersifat pribadi.

Untuk membagikan layar Anda, WhatsApp perlu menduplikat konten dari perangkat Anda. Berbagi layar dilindungi dengan enkripsi end-to-end dan tidak pernah direkam oleh WhatsApp.

Tidak seorang pun di luar panggilan ini, bahkan WhatsApp, dapat melihat atau mendengar apa yang Anda bagikan di layar Anda.

Tampilan berbagi layar ketika video call WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan berbagi layar ketika video call WhatsApp.
Ketika menyetujui, pengguna bisa memulai berbagi layar dengan mengeklik "start now/ mulai sekarang". Layar pengguna otomatis ditampilkan ke peserta video call lainnya.

Selanjutnya, pengguna tinggal membuka aplikasi, menu, dokumen atau konten apapun di layar ponsel/tablet. Nantinya, pengguna yang ada dalam panggilan video call bakal langsung melihat konten yang dibagikan.

Menurut pantauan KompasTekno, pengguna hanya memmiliki satu opsi, yakni membagikan seluruh layar ketika melakukan panggilan video di ponsel/tablet. Jadi, seluruh aktivitas di layar pengguna bakal bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lainnya.

Tangkapan layar fitur screen sharing video call WhatsApp. Ketika berbagi layar lewat WhatsApp desktop, pengguna memiliki opsi untuk berbagi seluruh layar (share your display) atau hanya berbagi jendela aplikasi yang dibuka (share your window).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar fitur screen sharing video call WhatsApp. Ketika berbagi layar lewat WhatsApp desktop, pengguna memiliki opsi untuk berbagi seluruh layar (share your display) atau hanya berbagi jendela aplikasi yang dibuka (share your window).
Namun, ketika melakukan screen sharing via WhatsApp desktop, pengguna memiliki opsi untuk berbagi seluruh layar (share your display) atau hanya berbagi jendela aplikasi yang dibuka (share your window), seperti gambar di atas.

Opsi berbagi sebagian atau seluruh layar ini mirip seperti berbagi layar di Zoom.

Karena belum merata, sebagian pengguna masih belum bisa berbagi layar ketika melakukan panggilan video di WhatsApp.

Namun, sepengalaman kami, pengguna yang belum kebagian fitur screen sharing di WhatsApp tetap bisa melihat konten yang dibagikan via screen sharing video call WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com