Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, "Upload" Banyak Foto di Instagram Kini Bisa Ditambah Musik

Kompas.com - Diperbarui 14/08/2023, 06:06 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Instagram resmi menghadirkan dukungan musik di foto carousel, atau foto yang diunggah dalam jumlah banyak sekaligus di feed. Hal ini diumumkan langsung oleh perusahaan melalui situs resminya.

"Ketika Anda berbagi koleksi foto dengan teman atau momen dari kamera, kini Anda bisa menambahkan musik ke foto carousel. Melanjutkan peluncuran musik untuk foto di feed, siapa pun bisa menambahkan lagu untuk mengabadikan suasana dan menghidupkan carousel mereka," demikian Instagram mengumumkan fitur baru itu dikutip KompasTekno dari situsnya, Sabtu (12/8/2023).

Dengan dukungan itu, pengguna bisa menambahkan background musik ketika mengunggah foto carousel di feed Instagram.

Baca juga: 3 Fitur Baru Threads, Salah Satunya Bisa Share ke DM Instagram

Awalnya, dukungan musik belum tersedia untuk foto carousel Instagram. Jadi, tidak ada background musik yang diputar ketika pengguna melihat unggahan carousel.

Kemunculan fitur ini sebenarnya tidak begitu baru, sebab Instagram sudah melakukan uji coba yang melibatkan pengguna, termasuk di Indonesia. Uji coba itu diketahui sudah dilakukan sejak awal Mei lalu.

Adapun peluncuran kali ini merupakan peluncuran resmi. Pantauan KompasTekno, Minggu (13/8/2023) dukungan musik di foto carousel sudah tersedia di Instagram Indonesia, khususnya di Instagram Android versi 295.0.0.32.109.

Sementara itu cara menambahkan musik ke foto carousel di Instagram, sama seperti saat pengguna menambahkan musik ke unggahan foto atau video biasa. Berikut rinciannya.

Baca juga: Upload Banyak Foto di Feed Instagram Kini Bisa Ditambah Musik, Indonesia Sudah Kebagian

Cara menambah lagu ke Foto Carousel Instagram 

Untuk menambahkan musik di foto carousel Instagram itu cukup mudah. Pastikan dulu Anda sudah memiliki versi aplikasi yang terbaru, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara menambahkan musik di foto carousel Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara menambahkan musik di foto carousel Instagram.

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  • Di halaman "Home", klik ikon tambah.
  • Pilih opsi "Post".
  • Kemudian, pilih 1-10 foto di galeri ponsel.
  • Klik "Next".
  • Tambahkan filter atau pengaturan lain bila diinginkan.
  • Klik "Next".
  • Setelah itu, pada halaman "New Post", klik opsi "Tambahkan Musik" atau "Add Music".
  • Pilih lagu atau audio yang diinginkan.
  • Atur durasi lagu mulai dari 5 detik hingga 90 detik.
  • Sesuaikan bagian awal lagu yang bakal diputar.
  • Bila pengaturan telah sesuai, klik opsi “Done” atau “Selesai” Lengkapi Feed dengan menambahkan caption atau lokasi sebelum diunggah.
  • Terakhir, klik opsi "Post".

Baca juga: Instagram Uji Fitur Tambah Foto/Video yang Di-upload Teman

Musik yang telah tadi ditambahkan bakal otomatis diputar ketika pengguna Instagram melihat postingan foto carousel di Instagram.

Selain menambahkan dukungan musik ke carousel, Instagram juga memperluas dukungan fitur Collab atau kolaborasi. Kini, pengguna bisa menambahkan hingga tiga teman dalam satu postingan kolaborasi, baik itu untuk feed, Reels maupun carousel.

Semula, Instagram hanya memungkinkan pengguna untuk mengundang satu akun atau pengguna saja. Dukungan ini tadinya juga terbatas untuk postingan kolaborasi di feed dan Reels.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com