Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Web Bakal Punya Fitur Kunci Layar, Pengguna Versi Beta Mulai Kebagian

Kompas.com - 15/08/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp tampaknya sedang mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan data penggunanya. Fitur tersebut bernama “screen lock” dan akan hadir di WhatsApp versi web.

Kendati begitu, fitur ini masih belum meluncur secara resmi ke publik. Fitur “screen lock” baru digelontorkan kepada sejumlah pengguna WhatsApp Web versi beta.

Menurut situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, WhatsApp Web beta versi 2.2333.11 dipastikan sudah bisa menjajal fitur ini. Pantauan KompasTekno, Selasa (15/8/2023), fitur ini sudah muncul dan bisa dijajal.

Fitur “Screen lock” bakal dapat diakses di menu Pengaturan (Settings). Pilih bagian “Privasi” (Privacy), dan gulir layar ke bawah sampai menemukan “Screen lock”.

Baca juga: Ramai soal Fitur Tambah Akun WhatsApp, Kenapa Ada yang Belum Dapat?

Ketika diklik, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi (password) untuk mengunci WhatsApp web ketika sedang tidak digunakan.

Syarat untuk memasukkan kata sandi minimal berisi 6 karakter atau maksimal 128 karakter. Karakter yang diperbolehkan dalam kata sandi terdiri dari huruf, angka, dan beberapa tanda baca yang umum digunakan (misal: tanda baca titik, koma, strip, tanda tanya, dan sebagainya).

Fitur Screen lock dilaporkan bakal segera hadir di WhatsApp betaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Fitur Screen lock dilaporkan bakal segera hadir di WhatsApp beta

“Saat diaktifkan, Anda akan memasukkan kata sandi Anda untuk membuka kunci WhatsApp Web. Notifikasi tidak akan muncul ketika layar Anda terkunci. Screen lock akan dinonaktifkan ketika Anda keluar (log out dari WhatsApp Web),” tulis WhatsApp.

Cara kerja dari fitur ini adalah mengunci WhatsApp guna mengamankan seluruh isi percakapan yang ada di WhatsApp Web, khususnya ketika pengguna sedang jauh dari layar komputer/laptop.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Seperti yang disebut di atas, mengaktifkan screen lock juga akan mencegah notifikasi chat muncul di layar laptop atau komputer. Bila ada percakapan/informasi rahasia yang ada di WhatsApp Web, hal tersebut tidak akan diketahui orang lain.

Tampilan fitur Screen lock di WhatsApp WebKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan fitur Screen lock di WhatsApp Web

Apabila sewaktu-waktu Anda lupa kata sandi yang sudah didaftarkan, pengguna dapat keluar (log out) akun WhatsApp Web di laptop dan login ulang menggunakan smartphone Anda. Caranya dengan mengeklik tombol "Log Out" seperti yang ada di gambar atas.

Kemudian, login ulang dengan mengeklik ikon titik tiga di kanan atas layar aplikasi WhatsApp mobile. Pilih “Linked a device”. Pindai kode QR yang ada di layar laptop/komputer, maka Anda akan langsung masuk ke akun WhatsApp versi web.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WABetaInfo, Selasa (15/8/2023), pembaruan fitur ini dapat memiliki dampak positif, serta mampu meningkatkan rasa aman bagi penggunanya.

Saat pengguna mengaktifkan fitur ini, pengguna lain yang mencoba mengakses WhatsApp Web Anda perlu memasukkan kata sandi yang sudah didaftarkan.

Fitur “Screen lock” ini juga disebut dapat membantu menghindarkan pengguna lain melihat informasi pribadi akun WhatsApp seseorang.

Baca juga: 7 Tips Membuat WhatsApp Lebih Privat dan Aman

Namun, mengingat fitur ini masih dalam tahap pengembangan, pengguna yang belum kebagian fitur ini diharapkan dapat bersabar dan menunggu.

Sepertinya fitur ini bakal digelontorkan secara resmi dalam waktu dekat. Upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah rajin melakukan update (pembaruan) WhatsApp Web secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com