Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Undangan Video Call Grup yang Mirip Zoom

Kompas.com - 11/08/2023, 13:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp tampaknya akan semakin mirip dengan aplikasi telekonferensi video Zoom.

Pasalnya, WhatsApp kini diketahui tengah menyiapkan fitur penjadwalan panggilan video dan suara grup atau "schedule group calls". Fitur ini mirip dengan link undangan Zoom meeting.

Menurut laporan situs yang kerap memberi bocoran fitur baru WA dengan akurat,WABetaInfo, fitur schedule group calls ini sedang diuji coba kepada pengguna.

Adapun uji coba tersebut dilakukan mulai Kamis (10/8/2023) di WhatsApp beta versi 2.23.17.7, 2.23.17.5, dan 2.23.17.6 di perangkat Android.

Pengguna WhatsApp beta bisa menjadwalkan panggilan dengan mengeklik ikon gagang telepon.

Baca juga: Cara Share Screen Saat Video Call WhatsApp, Mirip Zoom

Nantinya, pengguna bisa memasukkan judul, tanggal, dan waktu panggilan grup. Selain itu, pengguna juga bisa memilih jenis panggilan grup antara video call atau voice call.

Setelah selesai membuat undangan panggilan, pengguna bisa mengeklik tombol "send/kirim" untuk menyebarkan undangan panggilan ke grup WhatsApp.

WhatsApp siapkan fitur schedule group calls untuk membuat jadwal panggilan grup, mirip undangan Zoom meeting.WABetaInfo WhatsApp siapkan fitur schedule group calls untuk membuat jadwal panggilan grup, mirip undangan Zoom meeting.
Dari tangakapan yang dibagikan, seperti gambar di atas, undangan akan langsung muncul di chat WhatsApp lengkap dengan keterangan judul, tanggal, dan waktu panggilan grup. Lalu ada opsi "Join call/bergabung dalam panggilan" dan "Cancel/batalkan".

Anggota grup akan diberikan pengingat 15 menit sebelum panggilan grup dimulai. WhatsApp menegaskan bahwa hanya anggota grup saja yang bisa bergabung dalam panggilan grup terjadwal ini.

Belum ada informasi resmi kapan fitur schedule group calls bakal dirilis ke pengguna WhatsApp versi stabil, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman WABetaInfo, Jumat (11/8/2023).

WhatsApp bisa sharing screen seperti Zoom

WhatsApp resmi merilis fitur baru bernama berbagi layar alias screen sharing pada 8 Agustus 2023. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi tampilan layar miliknya kepada pengguna lain saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.Meta Channel/ Mark Zuckerberg WhatsApp resmi merilis fitur baru bernama berbagi layar alias screen sharing pada 8 Agustus 2023. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi tampilan layar miliknya kepada pengguna lain saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.
Sebelum menguji coba fitur schedule group calls, WhatsApp sudah lebih dulu merilis fitur screen share saat melakukan panggilan video (video call).

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Seperti namanya, fitur screen sharing memungkinkan pengguna membagikan tampilan layar perangkatnya kepada pengguna lain, saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.

Dengan fitur baru screen sharing di WhatsApp ini, maka video call di WhatsApp menjadi mirip seperti Zoom meeting alias rapat online di Zoom.

Misalnya, pengguna bisa menampilkan dokumen presentasi dalam format Word, PPT, PDF, atau lainnya, hingga jendela browser internet ketika video call di WhatsApp.

Sebelumnya, pengguna lebih mengandalkan aplikasi telekonferensi video, Zoom untuk rapat sambil membagikan layar. Kini, dengan hadirnya fitur share screen di WA, pengguna jadi punya alternatif selain Zoom untuk rapat online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com