Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Dirilis di Steam, Game "Overwatch 2" Dibanjiri "Bintang Satu"

Kompas.com - 15/08/2023, 09:32 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber wccftech

KOMPAS.com - Game shooter "Overwatch 2" kini bisa diunduh melalui platform distribusi game milik Valve, Steam. "Overwatch 2" menjadi game pertama garapan Blizzard Entertainment yang tersedia di platform Steam.

Biasanya, game-game garapan Blizzard hanya didistribusikan melalui platform milik mereka sendiri, yakni Battle.net. Beberapa waktu lalu Blizzard sendiri mengatakan akan merilis game-game mereka di Steam, dimulai dari Overwatch 2.

Nah, setelah diluncurkan di Steam, "Overwatch 2" malah mendapatkan penilaian negatif alias "bintang satu" dari gamer. Bahkan, permainan multiplayer tersebut menjadi game dengan rating terburuk di Steam.

Baca juga: Overwatch 2 Meluncur di Steam, Ini Spesifikasi PC Minimum dan Cara Download-nya

Melihat situs data Steam250, "Overwatch 2" menempati posisi pertama sebagai game Steam dengan rating paling rendah. Game tersebut mendapat skor agregat 1,09 dari pengguna.

Adapun skor ini diperoleh dari algoritma Steam250 yang menghitung total ulasan game tersebut secara keseluruhan, dan total ulasan yang bernada positif.

Overwatch 2 menjadi game dengan rating paling buruk di SteamSteam250 Overwatch 2 menjadi game dengan rating paling buruk di Steam
Dengan skor seperti itu, "Overwatch 2" menggantikan "War of the Three Kingdoms" (skor 1,19) sebagai game terburuk di Steam.

Bicara soal ulasan, "Overwatch 2" telah diulas sebanyak 110.684 kali di Steam. Dari ratusan ribu ulasan tersebut, hanya 9 persen di antaranya bernada positif.

Dengan kata lain, ada sekitar 9.961 ulasan yang merekomendasikan game shooter ini, sedangkan sisanya justru memberi penilaian yang buruk.

Banyaknya ulasan negatif ini merupakan bentuk protes (review bombing) gamer terhadap pendekatan Blizzard terhadap sekuel "Overwatch", dan minimnya konten dalam game tersebut.

Salah satu pengguna Steam dengan handle BraySC menjelaskan bahwa "Overwatch 2" memiliki model bisnis yang buruk, karena gamers harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai item dalam game, misalnya saja skin karakter.

Baca juga: Pemain Game Crysis, FIFA, hingga Battlefield Tak Bisa Mabar Lagi Akhir Tahun Ini

"Mereka (Blizzard Entertainment) meluncurkan 'Overwatch 2' sebagai game yang memiliki model bisnis gratis (free to play). Model bisnis ini menghadirkan sistem pembelian dalam game (microtransaction) dan skin karakter yang sangat mahal," tulis BraySC.

"Lebih buruknya lagi, mereka menutup prekuelnya, 'Overwatch' sehingga tidak bisa dimainkan lagi oleh orang yang membelinya. Artinya, basis pemain yang dulunya mengeluarkan uang untuk membeli 'Overwatch' harus beralih ke model bisnis gratis untuk terus memainkan game itu," imbuh BraySC.

Pengguna lainnya bernama Ornge mengkritik keputusan Blizzard Entertainment, untuk membatalkan produksi mode PvE (Player vs Environment) yang ambisius.

"Saya sebenarnya kurang tertarik dengan mode PvE yang dulunya diperkenalkan Blizzard. Akan tetapi, mode PvE inilah yang menjadi alasan mengapa 'Overwatch 2' diproduksi," keluh Ornge.

"Sekarang gamer tetap mendapatkan misi PvE (dengan skala yang lebih kecil). Hanya saja, misi tersebut dijual dalam paket yang terpisah, sehingga menjadi cara lain bagi Blizzard untuk memeras dompet Anda," lanjutnya.

Untuk diketahui, misi PvE ini dibanderol seharga Rp 224.000 di Indonesia. Satu paket misi terdiri dari tiga misi cerita, masing-masing berdurasi sekitar 20 hingga 30 menit.

Selain sejumlah ulasan di atas, ada pula ulasan negatif yang sebenarnya tidak berhubungan dengan "Overwatch 2", misalnya soal akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft dan masalah pelecehan seksual di perusahaan tersebut.

Baca juga: Setahun Dirilis di PlayStation, Game Petualangan Kucing Stray Kini Hadir di Xbox

"Saya tidak tahu siapa pihak yang diperlakukan lebih buruk oleh Blizzard, apakah para pemain atau karyawan perempuannya," tulis pengguna dengan handle Argg.

"Saya telah melihat kebangkitan dan kini kejatuhan Anda, Blizzard. Beristirahatlah dengan tenang," ujar pemain dengan handle Elipsia sebagaimana dikutip KompasTekno dari Wccftech, Selasa (15/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com