Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Oppo Reno 10 Pro Plus Punya Bodi Tipis meski Ada Kamera Periskop

Kompas.com - 08/08/2023, 17:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo Reno 10 Pro Plus merupakan model teratas dari Oppo Reno 10 Series yang baru saja diluncurkan di Indonesia, dalam sebuah acara di Oppo Gallery, Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2023).

Sebagai model teratas, ponsel ini dibekali dengan sejumlah fitur unggulan yang absen di "saudaranya" Oppo Reno 10 dan Reno 10 Pro. Salah satunya yaitu kamera telefoto "periskop" 64 MP (f/2.5) yang memiliki pembesaran optis (optical zoom) hingga 3x.

Kamera periskop ini berfungsi untuk memotret obyek yang terletak di jarak yang sangat jauh.  Biasanya, kehadiran kamera periskop membuat bodi ponsel menjadi "gemuk" atau tebal.

Sebab, mekanisme kamera periskop membutuhkan banyak lensa yang disusun sedemikian rupa agar bisa memantulkan cahaya yang masuk. Dengan demikian, jarak tangkap ke obyek seolah bisa lebih dekat, sehingga gambar bisa lebih jelas.

Baca juga: Unboxing Oppo Reno 10 Pro Plus 5G, Ada Charger 100 Watt

Nah, fitur ini diketahui juga terdapat di ponsel flagship Oppo Find X6 Pro lewat kamera telefoto 50 MP (f/2.6) dengan optical zoom 2,8x.

Pada Oppo Find X6 Pro, kehadiran kamera periskop membuat ketebalan ponsel ini menjadi 9,5 mm. Sementara di Oppo Reno 10 Pro Plus, meski kamera telefotonya tampak lebih mumpuni dari Find X6 Pro, dimensi ketebalan ponsel itu ternyata lebih tipis, yakni 8,3 mm.

Bahkan, Oppo sempat mengeklaim bahwa ponsel ini merupakan ponsel dengan kamera telefoto periskop tertipis yang ada di dunia. Lantas, apa rahasia Oppo supaya bodi Reno 10 Pro Plus bisa menjadi tipis?

Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan bahwa ponsel tersebut bisa tipis karena pihaknya merancang supaya susunan kamera belakang Oppo Reno 10 Pro Plus bisa dibuat serapat mungkin.

Ilustrasi susunan kamera telefoto Oppo Reno 10 Pro Plus.Dok.Oppo Indonesia Ilustrasi susunan kamera telefoto Oppo Reno 10 Pro Plus.

Dengan begitu, mekanisme kamera telefoto periskop tidak memakan begitu banyak ruang di punggung ponsel.

"Desain tipis ini kami coba capai dengan membuat lensa kamera utama dan lensa periskop dengan ukuran yang seringkas mungkin, dan ketiga kameranya ditempatkan sedekat mungkin," ungkap Baskoro dalam acara peluncuran Reno 10 series.

"Hal tersebut bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara performa, bobot, dan ukuran di Oppo Reno 10 Series," imbuh Baskoro.

Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono di Oppo Gallery, Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Head of PR Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono di Oppo Gallery, Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2023).

Selain susunan kamera, Baskoro menyebut juga dimensi ketebalan Oppo Reno 10 Pro Plus bisa dibuat tipis karena layar yang digunakan.

Secara desain, ponsel tersebut, begitu juga ponsel lainnya di Oppo Reno 10 Series, mengadopsi panel AMOLED 6,7 inci dengan sisi kiri dan kanannya melengkung alias 3D Curved.

"Dengan layar seperti ini, ponsel akan lebih nyaman digenggam dan lebih mudah dioperasikan," pungkas Baskoro.

Baca juga: Oppo A58 NFC Kini Bisa Dipesan Online, Harga Rp 2,5 Juta

Harga Oppo Reno 10 series di Indonesia

Ilustrasi Oppo Reno 10 Pro Plus.KOMPAS.com/Bill Clinten. Ilustrasi Oppo Reno 10 Pro Plus.

Di Indonesia, Oppo Reno 10 Series sudah bisa dipesan pada periode 8-14 Agustus 2023 di Oppo.com dan sejumlah marketplace rekanan Oppo di Tanah Air.

Ada tiga model Oppo Reno 10 Series yang masuk Indonesia, yaitu Oppo Reno 10, Oppo Reno 10 Pro, dan Oppo Reno 10 Pro Plus. Harga ketiga perangkat ini adalah sebagai berikut:

Selama masa pemesanan, konsumen akan mendapatkan berbagai keuntungan eksklusif seperti Wireless Bluetooth Speaker dan 100GB Google One cloud storage hingga 6 bulan di setiap pembelian Reno 10 Pro Plus, Oppo Band untuk setiap pembelian Reno 10 Pro, dan Oppo Enco Buds2 untuk setiap pembelian Reno 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com