Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game Nintendo Switch Paling Laris, Ada "Mario Kart" dan "Zelda"

Kompas.com - 16/08/2023, 08:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Nintendo

KOMPAS.com - Nintendo memperbarui daftar game terlaris untuk konsol handheld besutannya, Nintendo Switch. Menurut daftar tersebut, "Mario Kart 8 Deluxe" menjadi game Nintendo Switch yang paling laku sepanjang masa.

"Mario Kart 8 Deluxe" tercatat terjual sebanyak 55,46 juta kopi. Game balapan (racing) ini dulunya tersedia secara eksklusif dengan nama "Mario Kart 8" di konsol Wii U.

Nintendo kemudian memutuskan untuk membawa game tersebut ke Nintendo Switch dengan sejumlah konten baru, misalnya karakter, peta (map), mobil (kart), serta dengan resolusi gambar yang lebih tinggi.

Sebagai perbandingan, "Mario Kart 8" di konsol Wii U terjual sebanyak 8,46 juta kopi. Permainan tersebut menjadi yang paling laris di konsol Wii U.

Nintendo tidak menjelaskan penyebab "Mario Kart 8 Deluxe" sangat laku di pasaran. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa film "The Super Mario Bros. Movie" yang dirilis pada April, berkontribusi meningkatkan penjualan game balap itu.

Baca juga: Game Red Dead Redemption Hadir di PS4 dan Nintendo Switch, tapi Malah Diprotes

"Mario Kart" sejatinya juga merupakan seri game yang dapat dimainkan oleh gamer berbagai usia. Gameplay permainan ini juga dirancang sedemikian rupa agar bisa dinikmati oleh gamer kelas berat dan gamers kasual.

Tepat di bawah "Mario Kart 8 Deluxe", terdapat "Animal Crossing: New Horizons" dengan jumlah penjualan mencapai 42,79 juta kopi. Kemudian, posisi tiga besar ditutup oleh game fighting "Super Smash Bros. Ultimate", yang terjual sebanyak 31,77 juta kopi.

Peringkat keempat hingga ketujuh diisi secara berurutan oleh "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" (30,65 juta kopi), "Super Mario Odyssey" (26,44 juta), "Pokemon Sword and Shield" (25,92 juta), serta "Pokemon Scarlet and Violet" (22,66 juta).

Kehadiran "Pokemon Scarlet and Violet" dalam daftar tersebut bisa dibilang menarik, karena game ini baru saja dirilis pada November 2022 lalu.

Pokemon Scarlet and Violet jadi salah satu game paling laku di Nintendo SwitchEurogamer Pokemon Scarlet and Violet jadi salah satu game paling laku di Nintendo Switch
Tiga hari setelah peluncurannya, permainan berbasis giliran (turn-based) ini dilaporkan telah terjual sebanyak 10 juta kopi. Pada saat itu, penjualan game "Pokemon Scarlet and Violet" disebut sebagai penjualan global tertinggi, untuk software apa pun di platform Nintendo.

Ada kemungkinan bahwa peningkatan kualitas game serta kehadiran ratusan Pokemon baru, termasuk Paradox Pokemon, menjadi alasan di balik kepopuleran duo game itu.

Terakhir, daftar pun ditutup oleh "Super Mario Party" (19,39 juta), "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" (18,51 juta), dan "New Super Mario Bros. U Deluxe" (16,17 juta).

Seperti "Pokemon Scarlet and Violet", "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" juga merupakan game yang cukup baru. Permainan petualangan ini pertama kali dirilis pada 12 Mei 2023.

Baca juga: Nintendo Switch 2 Disebut Meluncur Tahun Depan

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom menjadi salah satu game paling laku di Nintendo SwitchNintendo The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom menjadi salah satu game paling laku di Nintendo Switch
"Zelda Tears of the Kingdom" juga mencetak rekor baru sebagai game "Zelda" dengan penjualan tercapat. Dalam kurun waktu tiga hari, sekuel "Breath of the Wild" ini terjual sebanyak 10 juta kopi.

Hal ini wajar saja mengingat sekuel ini memang sangat dinanti oleh gamer. Prekuelnya mendapatkan ulasan yang positif sehingga pencinta game ingin mengetahui apakah "Tears of the Kingdom" bisa melampaui kualitas "Breath of the Wild" atau tidak.

Selengkapnya, berikut daftar 10 game paling laris untuk konsol Nintendo Switch per 30 Juni 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman resmi Nintendo, Rabu (16/8/2023):

  1. Mario Kart 8 Deluxe - 55,46 juta kopi
  2. Animal Crossing: New Horizons - 42,79 juta kopi
  3. Super Smash Bros. Ultimate - 31,77 juta kopi
  4. The Legend of Zelda: Breath of the Wild - 30,65 juta kopi
  5. Super Mario Odyssey - 26,44 juta kopi
  6. Pokemon Sword/Pokemon Shield - 25,92 juta kopi
  7. Pokemon Scarlet/Pokemon Violet - 22,66 juta kopi
  8. Super Mario Party - 19,39 juta kopi
  9. The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom - 18,51 juta kopi
  10. New Super Mario Bros. U Deluxe - 16,17 juta kopi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com