Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan PS5 Slim, Kok Tidak Langsing?

Kompas.com - 15/08/2023, 12:32 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Sony disinyalir sedang menyiapkan konsol game PlayStation 5 versi slim. Sampai-sampai Microsoft yang merupakan pembuat Xbox pesaingnya juga meyakini PS5 Slim bakal meluncur menjelang akhir tahun 2023.

Baru-baru ini pun beredar sebuah video bocoran yang diduga menampakkan PS5 Slim.

Hanya saja sosok PS5 dalam video unggahan Better Way Electronics -sebuah spesialis reparasi PlayStation asal Australia- tersebut tak tampak benar-benar "slim" alias langsing.

Baca juga: Microsoft Ungkap Sony Bakal Luncurkan PS5 Slim Tahun Ini

Meskipun demikian, casing plastik PS5 dalam video bocoran memang terlihat  berbeda dibanding konsol PS5 yang sudah beredar.

Disc drive termuat di bagian konsol yang lebih menonjol ke arah luar bodi dibanding PS5 Disc Edition. Lalu di sisi depan terdapat dua port USB-C. Konsol PS5 yang ada sekarang memiliki satu port USB-C dan satu USB-A.

Lalu, di tengah konsol terdapat sebuah garis melintang yang membelah kedua sisinya, kemungkinan digunakan untuk ventilasi atau hal lain.

Kenapa PS5 Slim dalam video bocoran tak terlihat ramping? Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari Forbes, Selasa (15/8/2023), ini mungkin karena PS5 tersebut bukanlah versi "Slim", melainkan versi dengan optical drive yang bisa dilepas.

Garis yang membelah bagian tengahnya disinyalir merupakan mekanisme untuk melepas-pasang optical drive. Ketika optical drive dilepas, boleh jadi perangkat itu bakal menjadi lebih langsing dibanding PS5 terdahulu.

Baca juga: Daftar Game PS4 dan PS5 yang Meluncur Agustus 2023, Ada Tower of Fantasy

Menurut kabar, PS5 Slim nantinya bakal dijual dalam dua paket, yakni konsolnya saja dan konsol dengan bundel optical drive yang bisa dipasang sendiri oleh pengguna. Sony juga diduga bakal menjual optical drive secara terpisah.

Jika benar, maka bisa saja PS5 versi baru ini bakal sekaligus menggantikan PS5 Digital dan Disc Edition karena Sony jadi hanya perlu membuat satu konsol, alih-alih dua versi berbeda.

Baca juga: Daftar Harga PS5 Terbaru di Indonesia Maret 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com