Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Clingy”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Kompas.com - 20/08/2023, 08:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di media sosial (medsos) tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak, ada salah satu bahasa gaul di medsos yang sering dipakai pengguna. Bahasa gaul di medsos itu adalah kata “clingy”.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Saking seringnya dipakai, sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat kata tersebut muncul di linimasa medsos. Lantas, sebenarnya apa itu arti clingy dalam bahasa gaul yang sering dipakai di medsos?

Meski sering dipakai, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui arti clingy. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai arti clingy sebagai bahasa gaul yang kerap dipakai di medsos.

Arti clingy dalam bahasa gaul

Untuk diketahui, kata clingy biasa dipakai di medsos dengan konteks pembicaraan yang membahas mengenai hubungan percintaan. Ada banyak pengguna yang memakai kata clingy dengan konteks seperti itu di medsos.

Misalnya, akun dengan handle @_ahmalia. Pada salah satu twit yang diunggah pada Selasa (15/8/2023), akun @_ahmalia menyampaikan kekagumannya pada pasangan yang bisa tinggal berjauhan. Setelah itu, dia menyematkan kata clingy di kalimat selanjutnya.

Di kalimat selanjutnya, akun @_ahmalia mengatakan dirinya tidak bisa berjauhan dengan pasangannya karena dia merupakan orang yang clingy. Selain contoh ini, masih banyak lagi pengguna yang memakai kata clingy dalam konteks pembicaraan soal hubungan percintaan.

Baca juga: Arti Istilah “Frugal Living”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Medsos

Sementara itu, arti clingy sebetulnya tidak berjauhan dari kebiasaan pengguna dalam memakainya. Kata clingy bukanlah termasuk kosakata bahasa Indonesia. Kata tersebut tergolong dalam kosakata bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, kata clingy diklasifikasikan sebagai kata sifat. Dikutip dari Merriam Webster, arti clingy adalah sifat atau keinginan untuk cenderung tetap sangat dekat dengan seseorang agar mendapat dukungan emosional, perlindungan, dan lainnya.

Dengan demikian, kata clingy artinya juga bisa dipahami sebagai sifat untuk tidak ingin berjauhan dengan seseorang. Seseorang di sini bisa termasuk orang tua, pasangan, pacar, teman, dan lainnya.

Bila dikembalikan pada kebiasaan di medsos, tak heran kalau banyak pengguna yang memakai kata clingy dalam konteks pembicaraan soal hubungan percintaan.

Seandainya terdapat pengguna yang memakai kata clingy di medsos, itu berarti pengguna tersebut ingin menunjukkan sifat yang tidak bisa atau tidak ingin berjauhan dengan seseorang atau pasangannya.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Demikianlah penjelasan mengenai arti clingy dalam bahasa gaul yang sering dipakai di medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com