Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Edit Caption di Foto dan Video yang Dikirim

Kompas.com - 21/08/2023, 11:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) merilis fitur baru. Kini para pengguna WA dapat mengedit caption atau teks keterangan pada media (foto, video, GIF, dokumen) yang dikirimkan ke ruang obrolan.

Fitur baru ini merupakan peningkatan dari fitur edit pesan yang sebelumnya sudah dirilis. Fitur edit pesan yang hadir pada Mei lalu, hanya memungkinkan pengguna mengedit pesan teks biasa, bukan teks caption di foto atau video yang dikirim di WA.

Menurut laporan situs WABetaInfo, fitur edit caption foto/video di WhatsApp ini sudah dirilis secara publik untuk perangkat iOS dan Android. Namun, fitur ini tampaknya belum hadir secara merata.

Pasalnya, pantauan KompasTekno, Senin (21/8/2023) pagi, WhatsApp Android versi 2.23.16.76 masih belum kebagian fitur ini. Menurut WABetaInfo fitur anyar ini bakal tersedia untuk seluruh pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Nantinya, pengguna hanya bisa mengubah caption atau teks keterangan foto/video yang dikirim selama kurang dari 15 menit. Jika sudah lewat, maka caption yang ditulis tidak bisa diubah.

Baca juga: Ada Tombol Baru “HD” saat Kirim Foto di WhatsApp, Apa Itu?

Tampilan fitur edit pesan yang disertai foto, video, GIF, ataupun dokumen di dalam chat WhatsAppWABetaInfo Tampilan fitur edit pesan yang disertai foto, video, GIF, ataupun dokumen di dalam chat WhatsApp

Cara mengedit caption foto/video di WA

Cara mengedit caption yang sudah dikirim sama seperti mengedit teks biasa. Pengguna cukup mengetuk dan menahan (tap and hold) pesan yang sudah dikirim. Nantinya akan muncul jendela menu di samping gelembung chat (bubble chat) yang dipilih. Klik tombol “Edit”.

Dengan mengeklik tombol tersebut, pengguna dapat langsung mengedit kesalahan ketik (typo) atau menambahkan informasi lainnya langsung di kolom “Message” (Pesan).

Pesan yang sudah diedit dan tidak diedit nantinya akan dibedakan. Pesan yang diedit akan memunculkan informasi “Edited” di samping keterangan waktu. Posisinya terletak di kanan bawah bubble chats. Misalnya “Edited 07.00”.

Baca juga: Screen Sharing Resmi Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting

Namun, perlu dicatat, fitur edit caption ini hanya bisa dilakukan di perangkat yang sama. Pengguna yang mengirim foto dengan caption menggunakan smartphone, tidak bisa mengubah caption tersebut melalui WhatsApp desktop. 

Caption tersebut hanya bisa diubah menggunakan smartphone di mana ia mengirim pesan.

Bagi Anda yang belum kedapatan fitur ini, Anda bisa mengeceknya dengan melakukan update (pembaruan) aplikasi secara berkala di Google Playstore (Android) atau Apple App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com