Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Samsung Bakal Punya Kamera 440 MP?

Kompas.com - 22/08/2023, 12:31 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Tren resolusi sensor kamera yang semakin tinggi agaknya masih berlanjut. Setelah ponsel flagship dibekali kamera 200 MP, angkanya bisa jadi bakal meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 440 megapiksel (MP).

Itu adalah resolusi sensor kamera Isocell HU1 yang kabarnya sedang dikembangkan oleh Samsung. Namun, masih belum diketahui apakah sensor 440 MP akan digunakan di smartphone atau device lain seperti sensor mobil.

Samsung memang turut memproduksi sensor untuk kendaraan dengan fitur assisted driving. Sebelumnya, pabrikan Korea Selatan tersebut sempat mengutarakan niat untuk membuat sensor kamera dengan resolusi hingga 600 MP.

Baca juga: 6 Fitur Sharp Aquos R7s, Ada Kamera 47,2 MP dan Sensor 1 Inci

Angka 600 MP menurut Samsung lebih tinggi dibandingkan resolusi mata manusia yang sebesar 500 MP.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Selasa (22/8/2023), selain Isocell HU1, Samsung juga dikabarkan mengembangkan beberapa sensor kamera lain, yakni Isocell HP7 dan Isocell GN6.

Dengan resolusi 200 MP, Isocell HP7 disinyalir merupakan menerus dari sensor kamera Isocell HP2 yang digunakan di smartphone flagship Samsung, Galaxy S23 Ultra. Ukurannya kemungkinan sama, 1/1,3 inci dengan pixel size 0,6 mikrometer.

Beda halnya dengan Isocell GN6. Produk yang satu ini disebut-sebut sebagai calon sensor kamera pertama dari Samsung yang memiliki ukuran fisik 1 inci.

Baca juga: Samsung Rilis Sensor Kamera 200 MP Isocell HPX, Apa Istimewanya selain Megapiksel Besar?

Sebagai perbandingan, kamera saku high-end seperti seri RX100 dari Sony diketahui menggunakan sensor 1 inci. Ukuran sensor tersebut belakangan juga mulai digunakan di smartphone papan atas, seperti Xiaomi 13 Pro dan Oppo Find X6 Pro.

Sensor 1 inci menjanjikan tangkapan gambar berkualitas tinggi karena ukuran pikselnya yang besar. Isocell GN6 pun kabarnya begitu pula dalam hal ini, dengan ukuran piksel mencapai 1,6 mikrometer sebelum pixel binning.

Isocell GN6 disinyalir memiliki resolusi 50 MP dan kemungkinan turut dibekali fitur pixel binning untuk menggabungkan beberapa piksel menjadi satu. Karena itu, ada kemungkinan ukuran efektif pikselnya akan lebih besar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com