Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Pengguna WhatsApp Bisa Kirim Video Berkualitas HD | Xiaomi Setop Beri Update HP Redmi 9 dan Redmi 9A di Indonesia

Kompas.com - 23/08/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setelah merilis fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto berkualitas tinggi atau High Definition (HD), kini WhatsApp giliran meluncurkan fitur kirim video berkualitas sama.

Dengan fitur ini, kualitas video yang dikirim pengguna akan lebih baik dibanding kualitas pengiriman video default sebelumnya. Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Kabar lain yang juga menjadi sorotan adalah adu spesifikasi dua tablet termahal milik Samsung dan Apple, yakni Galaxy Tab S9 Ultra dan iPad Pro M2. Harganya yang tinggi membuat kedua tablet ini mengusung spesifikasi yang mumpuni pula.

Berita teknologi lain yang juga cukup banyak dibaca adalah Xiaomi yang berhenti memberikan update untuk HP entry level Redmi 9 dan Redmi 9A di Indonesia. Kedua ponsel itu masuk dalam daftar Xiaomi End of Support (EOS) List.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Telkomsel Rilis Paket YouTube Premium Khusus, Harga Lebih Murah | ChatGPT Diprediksi Terancam Bangkrut

Fitur kirim video berkualitas HD resmi di WhatsApp

Cara mengirim video HD di WhatsAppKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara mengirim video HD di WhatsApp

Bukan cuma foto, WhatsApp selama ini juga melakukan kompresi terhadap video yang dikirim pengguna. Hal itu membuat kualitas video akan menurun.

Kini, pengguna memiliki opsi untuk mengirim video tanpa harus menurunkan resolusi. Sebab, WhatsApp resmi merilis fitur kirim video berkualitas HD.

Dengan hadirnya fitur video HD ini, video yang dikirim di WhatsApp diubah menjadi 1.280 x 720 piksel. Sehingga, kualitas gambarnya akan lebih baik dan video tidak tampak pecah.

Namun, ukuran file-nya juga tentu akan lebih besar dibandingkan jika dikirim dengan kualitas 480 x 864 piksel. Pantauan KompasTekno, Selasa (22/8/2023), fitur anyar ini sudah hadir untuk WhatsApp Android versi 2.23.18.81.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Fitur Kirim Video Berkualitas HD Resmi Hadir di WhatsApp".

Adu spesifikasi Galaxy Tab S9 vs iPad Pro M2

Penampilan layar tablet iPad Pro 2022 (M2) (kanan) dan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra (kiri).XDA Developers Penampilan layar tablet iPad Pro 2022 (M2) (kanan) dan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra (kiri).

Saat ini, Samsung dan Apple memiliki tablet flagship andalannya masing-masing di Indonesia. Samsung dengan Galaxy Tab S9 Ultra dan Apple dengan iPad Pro M2.

Kedua perangkat ini menjadi tablet paling mumpuni dan paling mahal dari Samsung dan Apple untuk saat ini. Di Indonesia, Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dijual dengan harga mulai Rp 20 juta hingga Rp 22 juta.

Sementara iPad Pro M2 dijual dengan harga mulai Rp 15,5 juta hingga Rp 47,5 juta. Perbandingan spesifikasi kedua tablet itu bisa disimak di artikel "Adu Spek Galaxy Tab S9 Ultra Vs iPad Pro M2, Tablet Termahal Samsung dan Apple".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com