Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Rilis Fitur Video Vertikal Mirip TikTok

Kompas.com - 23/08/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa platform internet populer seperti Instagram, YouTube, Spotify, Amazon, Reddit, dkk belakangan memiliki sebuah fitur yang terinspirasi dari tampilan linimasa (feed) TikTok

Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat berbagai konten video yang disajikan dalam format vertikal, di mana video lainnya bisa dilihat dengan cara menggulirkan layar (scrolling) ke atas atau ke bawah.

Nah, kini giliran platform streaming Twitch yang mengumumkan fitur linimasa serupa TikTok. Hal ini diumumkan akun resmi Twitch dengan handle @TwitchSupport di Twitter/X.

Dalam sebuah postingan anyar, mereka mengatakan fitur ini bernama Discovery Feed dan memungkinkan pengguna melihat aneka cuplikan atau klip video dari para streamer di Twitch dengan cara scrolling secara vertikal.

Berdasarkan postingan di atas, fitur Discovery Feed ini nantinya akan bisa diakses melalui tab "Browse", tepatnya di menu "Livestreams" atau "Clips". 

Baca juga: Twitch Rilis Fitur Hype Chat, Penonton Bisa Bayar agar Komentar Muncul Paling Atas

Ketika mengeklik salah satu menu tersebut, maka pengguna akan disuguhi dengan aneka konten yang ditampilan di feed secara vertikal, seperti yang ada di TikTok atau Instagram Reels, YouTube Shorts, dan sejenisnya. 

Meski demikian, apabila mengacu pada postingan di atas, video yang ditampilkan di Discovery Feed ini terlihat memiliki format asli horizontal, di mana bagian atas dan bawah video yang kosong diisi dengan gambar buram.

Terkait hal ini, Twitch mengatakan bahwa aneka cuplikan video yang ada di Discovery Feed saat ini memang seperti itu, dan formatnya mungkin akan mengarah ke vertikal seiring berjalannya waktu dan banyaknya video klip di Twitch. 

Nah, untuk ketersediaan, Twitch mengatakan bahwa fitur Discovery Feed ini tengah diuji coba dan disebar kepada sejumlah pengguna secara terbatas. Belum bisa dipastikan kapan fitur ini akan dirilis ke semua pengguna alias ke publik. 

Baca juga: Fenomena Streamer yang Kelelahan di Twitch, Berbondong-bondong Pindah Layanan

Namun yang jelas, saat ini beberapa streamer dan editor video di Twitch bisa membuat video-video cuplikan dengan menandai video-video streaming yang telah mereka tayangkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (23/8/2023).

Hal ini bertujuan supaya video-video mereka bisa "mejeng" di Discovery Feed dan ditemukan oleh pengguna lain, boleh jadi yang bukan berasal dari pengikut (followers) mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com