Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Kuota XL Terbaru dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Kompas.com - 27/08/2023, 17:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek kuota XL merupakan salah satu panduan dasar yang kiranya penting diketahui oleh pengguna atau pelanggan. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami tentang cara cek kuota XL.

Baca juga: NIK yang Teregistrasi di Kartu XL Bukan Milik Pribadi? Begini Cara Menghapusnya

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan mengenai cara cek kuota XL. Untuk diketahui, cara cek kuota XL biasanya dibutuhkan pengguna ketika hendak memeriksa apakah paket data XL yang terdaftar di nomor telepon masih memiliki kuota internet atau tidak.

Sebagaimana cukup umum diketahui, saat membeli paket data XL, pengguna bakal mendapatkan kuota internet dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai paket data yang dipilih. Kuota itu juga punya masih aktif yang berbeda-beda pula.

Kuota internet dari paket data XL bakal habis seiring intensitas pemakaian. Semakin aktif dipakai untuk mengakses internet via jaringan seluler maka semakin cepat pula pengguna kehabisan kuota.

Bahkan, pengguna bisa juga kehabisan kuota internet lebih cepat sebelum masa aktifnya berakhir. Kehabisan kuota internet XL saat tengah membutuhkannya mungkin bakal merepotkan pengguna.

Ketika kuota internet XL habis, pengguna jadi tidak bisa mengakses internet melalui jaringan seluler. Untuk mengantisipasi kehabisan kuota internet saat tengah membutuhkannya, pengguna bisa cek kuota XL secara berkala.

Baca juga: 5 Cara Cek Nomor XL Sendiri dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan Aplikasi

Cara cek kuota XL

Lantas, bagaimana cara mengecek kuota XL? Setidaknya terdapat dua cara cek kuota XL terbaru yang bisa dilakukan pengguna, yaitu melalui kode UMB dan aplikasi MyXL. Penjelasan dari kedua cara tersebut bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

1. Cek kuota XL via kode UMB *808#

Cara cek kuota XL yang pertama adalah dengan menghubungi kode UMB di nomor *808#. Adapun penjelasan cara cek kuota XL via kode UMB *808# adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon di ponsel.
  • Selanjutnya, ketik kode UMB *808#.
  • Kemudian, tekan tombol “Call/Panggil”.
  • Setelah itu, pengguna bakal disajikan dengan menu layanan XL.
  • Pada menu tersebut, pilih menu “Info” dan “Cek Kuota”.
  • Ikuti instruksi selanjutnya hingga dapat menampilkan sisa kuota internet terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon XL terkait.

2. Cek kuota XL via aplikasi MyXL

Selain lewat kode UMB, seperti yang sempat disebut di atas, cara cek kuota XL juga bisa dilakukan melalui aplikasi MyXL. Adapun cara cek kuota XL melalui aplikasi MyXL adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi XL terlebih dahulu melalui App Store (iPhone) atau Google Play Store (ponsel Android), seandainya belum memiliki.
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi XL di ponsel dan pastikan telah login akun dengan menggunakan nomor telepon XL yang hendak dicek kuotanya.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bakal bisa langsung melihat informasi sisa kuota terkini dari paket data yang terdaftar di nomor telepon XL terkait.
  • Informasi sisa kuota internet terkini tersaji langsung di halaman awal aplikasi MyXL.

Pengguna bisa memilih salah satu dari kedua cara cek kuota XL di atas sesuai keinginan. Cukup mudah bukan cara cek kuota XL? Dengan cara di atas, pengguna bisa memantau pemakaian kuota internet secara berkala.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Kartu XL yang Rusak atau Hilang dengan Mudah, Bisa Offline dan Online

Dengan demikian, pengguna dapat mengantisipasi agar tidak kehabisan kuota internet XL secara tiba-tiba, apalagi ketika tengah membutuhkannya. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek kuota XL terbaru, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com