Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO]-Asus Bakal Setop Seri Zenfone? | Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Kirim Foto dan Video Kualitas Asli

Kompas.com - 29/08/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Asus dikabarkan akan menyetop seri Zenfone untuk ponselnya. Apabila rumor ini benar, maka Zenfone 10 yang dirilis bulan Juni lalu, akan menjadi model pamungkas dari lini Zenfone.

Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno. Berita teknologi lain yang juga menjadi sorotan adalah soal fitur baru YouTube Music.

Kini, pengguna YouTube Music baik berbayar maupun gratisan, bisa menampilkan lirik lagi secara real-time di layar ponsel, ketika lagu diputar. Dengan begitu, pengguna bisa bernyanyi tanpa khawatir salah lirik.

Berita teknologi lain yang juga banyak dibaca adalah soal bakal fitur baru WhatsApp. Menurut kabar, WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video dengan kualitas asli atau orisinal.

Fitur ini akan melengkapi opsi yang sudah ada, yakni fitur kirim foto dan video dengan kualitas tinggi atau High Definition (HD). Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO]-Ponsel Murah yang Bikin Oppo Rajai Pasar Smartphone Indonesia | Facebook Messenger Lite Resmi Pensiun

Seri Zenfone bakal disetop Asus?

Asus dikabarkan akan menyetop seri Zenfone mulai tahun depan. Menurut laporan media asal Taiwan, TechNews, alasan penyetopan lini Zenfone adalah karena perusahaan akan merombak strategi bisnisnya.

Asus dikabarkan akan melakukan restrukturisasi organisasi. Semula, praktik restrukturisasi hanya berlaku untuk karyawan Asus di divisi PC. Namun, kemudian surat internal Asus menunjukkan bahwa divisi mobile atau ponsel juga ikut dirombak.

Selengkapnya, bisa disimak di artikel "HP Seri Asus Zenfone Bakal Pensiun?".

Fitur lirik real-time di YouTube Music sudah bisa dicoba di Indonesia

YouTube Music merilis fitur lirik langsung (live lyrics). Dengan fitur baru lirik real-time ini, pengguna YouTube Music berbayar (premium) dan gratis bisa berdendang sembari membaca lirik dari lagu yang sedang dinyanyikan. Fitur ini bakal memudahkan pengguna ketika ingin karaoke dengan membaca lirik.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto YouTube Music merilis fitur lirik langsung (live lyrics). Dengan fitur baru lirik real-time ini, pengguna YouTube Music berbayar (premium) dan gratis bisa berdendang sembari membaca lirik dari lagu yang sedang dinyanyikan. Fitur ini bakal memudahkan pengguna ketika ingin karaoke dengan membaca lirik.

YouTube Music akhirnya memiliki fitur yang mirip Spotify. Fitur tersebut adalah menampilkan lirik lagu secara live atau real-time, ketika lagu sedang diputar.

Dengan fitur ini, pengguna YouTube Music, baik berbayar maupun gratisan, bisa menampilkan lirik lagu secara real-time. Sehingga, pengguna bisa bernyanyi sambile membaca lirik, tanpa khawatir akan keliru.

Pantauan KompasTekno, Senin (28/8/2023), pengguna YouTube Music di Indonesia sudah bisa menikmati lirik lagu secara real-time lewat aplikasi YouTube Music versi 6.16.52 di perangkat Android.

Menurut laporan 9to5Google, pengguna iPhone disebut juga bisa menikmati fitur ini lewat aplikasi YouTube Music versi 6.16. Selengkapnya bisa disimak di artikel "YouTube Music Kini Tampilkan Lirik Lagu Real-Time, Bisa Dicoba di Indonesia".

Saat ChatGPT beri jawaban "halu"...

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) seperti ChatGPT kerap terlihat mengagumkan karena pintar dan seolah tahu segala. Bahkan firma keamanan seperti Kaspersky pun memanfaatkannya dalam proses analisis karena bisa menghemat waktu.

Head of Asia Pacific Research and Analysis Team Kaspersky Vitaly Kamluk, menjelaskan bahwa AI berbasis Large Language Model (LLM) sepert ChatGPT menggunakan model statistik dan informasi yang dikumpulkan dari data hasil training, termasuk dari buku, artikel, dan laman web.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com