Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Google Messages, Bisa Kirim Pesan Suara dari Smartwatch

Kompas.com - 07/09/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google menghadirkan fitur baru untuk aplikasi Messages yang berjalan di sistem operasi (OS) smartwatch, WearOS. Fitur baru itu memungkinkan pengguna mengirimkan pesan suara via aplikasi Messages langsung dari arloji pintar.

Fitur baru ini diumumkan Google dalam dokumen support (dukungan) untuk Wear OS. Dokumen itu menyebutkan bahwa Google Messages memungkinkan pengguna merekam dan mengirim pesan suara dari arloji pintar mereka.

Singkatnya, pengguna Pixel Watch dan Samsung Galaxy Watch misalnya, bisa lebih mudah berkirim pesan suara melalui aplikasi pesan yang tersedia.

Dengan dukungan itu, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Message di smartwatch, kemudian merekam suara dan mengirimnya sebagai pesan. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot menjangkau ponsel untuk mengirimkan pesan suara.

Meski mengumumkan fitur baru, Google belum membagikan bagaimana tampilan Messages versi Wear OS ketika merekam dan mengirimkan pesan suara.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (7/9/2023), Google kemungkinan mengubah antarmuka Messages di Wear OS dan menambahkan tombol khusus untuk rekam suara.

Informasi terkait fitur ini masih cukup terbatas. Belum diketahui apakah pengguna nantinya bisa mendengarkan pesan suara dari arloji pintarnya atau tidak.

Pasalnya saat ini Messages di Wear OS belum mendukung pemutaran media. Sebagai gantinya, pengguna harus mendengarkannya melalui ponsel langsung.

Baca juga: Fitur Baru Google Messages Mirip WhatsApp

Adapun Google menjanjikan dukungan pesan suara hadir dalam beberapa pekan mendatang.

Fitur baru Messages ini tercatat dirilis setelah WhatsApp hadir di Wear OS Mei lalu. Jadi, selain aplikasi Messages, pengguna bisa berkirim pesan suara lewat WhatsApp dari smartwatch.

WhatsApp untuk WearOS

Dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023, Google mengumumkan bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp resmi mendukung WearOS. Artinya, WhatsApp bisa diakses langsung lewat smartwatch yang menjalankan WearOS.

Google menjelaskan bahwa aplikasi WhatsApp di perangkat WearOS memungkinkan pengguna membuat pesan baru, membalas pesan menggunakan suara, hingga melakukan panggilan.

Mengingat layar smartwatch pada umumnya cukup kecil dibanding smartphone, chat yang dimunculkan juga terbatas. Ruang obrolan di WhatsApp versi WearOS hanya dapat menampilkan satu gelembung pesan (bubble chat) saja.

WhatsApp menawarkan dua opsi untuk membalas pesan, yakni menggunakan pesan suara atau teks dengan mengetik di papan ketik (keyboard). Pengguna bisa langsung mengeklik ikon mikrofon, jika memilih membalas dengan suara, dan sistem akan otomatis merekam suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com