Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokyo Game Show 2023 Digelar di Metaverse, Bisa Disaksikan Gratis

Kompas.com - 12/09/2023, 12:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang pameran game tahunan Tokyo Game Show 2023 (TGS 2023) akan digelar pada 21-24 September mendatang di Makuhari Messe, Chiba, Jepang. 

Selain digelar acara offline, penyelenggara TGS 2023 yaitu Computer Entertainment Supplier's Association (CESA), menyediakan venue virtual (online) bagi para pengunjung yang tidak bisa datang ke Makuhari Messe.

Dengan kehadiran venue virtual ini TGS 2023 bisa dihadiri secara online. CESA mengeklaim teknologi dan suasana dunia virtual TGS 2023 akan lebih menakjubkan dari sebelum-sebelumnya. 

Menurut CESA, venue virtual tersebut bernama Tokyo Game Show VR 2023 (TGSVR2023) dan nantinya berbentuk metaverse. Venue ini bisa dikunjungi melalui tautan berikut ini

Nah, di dalam dunia metaverse tersebut, pengunjung TGS 2023 bisa jalan-jalan di sekitar venue mirip seperti bermain game. Peserta juga bisa bertemu dengan orang-orang dan YouTuber virtual (VTuber) yang ada di dalam dunia tersebut.

Baca juga: Ada Bug, Game Starfield Tidak Bisa Tampilkan Matahari dan Bintang

Mereka juga bisa ikut serta dalam beragam rangkaian acara TGS 2023, seperti mengumpulkan stempel, mencari informasi terbaru tentang game-game yang akan datang, bertemu dengan beberapa sosok favorit di dunia game, dan lain sebagainya.

Selain itu, mereka juga bisa mengunjungi suatu area yang bernama "Game Tree Theater" untuk menyaksikan beragam cuplikan video (trailer) dari beragam game yang dibuat oleh sejumlah studio game kenamaan di dumia.

Tertarik mengunjungi TGS 2023 melalui venue metaverse ini? Gamer bisa langsung mengunjungi tautan yang ada di atas untuk menyambangi dunia virtual tersebut melalui peramban (browser) web masing-masing. 

Venue virtual TGSVR2023 bisa dinikmati tanpa biaya alias gratis pada 21 September - 1 Oktober mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NicheGamer, Selasa (12/9/2023). 

Baca juga: Bocoran Pesan Suara Ungkap Kapan Game GTA 6 Rilis

Di samping melalui situs web di Windows PC, Android, dan iPhone, pengguna kacamata VR Meta Quest 2, Oculus Rift/Rift S, HTC Vive/Vive Pro Series, Valve Index juga bisa menikmati TGSVR2023 melalui aplikasi khusus yang ada di perangkat.

Informasi selengkapnya mengenai Tokyo Game Show 2023, lebih tepatnya Tokyo Game Show VR 2023 bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com