Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Starfield Dapat Review Positif, tapi Disebut Tidak Ramah Hardware

Kompas.com - 08/09/2023, 16:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Metacritic

 KOMPAS.com - Bethesda Softworks resmi merilis game "AAA" terbarunya yang berjudul Starfield pada Rabu (6/9/2023) untuk platform Xbox Series X/S dan PC. 

Beberapa hari sebelum perilisannya, Bethesda mengizinkan sejumlah situs web game dan teknologi mengulas (review) game eksplorasi luar angkasa tersebut. 

Pantauan KompasTekno di situs Metacritic, Jumat (8/9/2023), game ini mendapat skor rata-rata 86 dari skala 100 poin. Angka tersebut bisa dibilang cukup tinggi dan positif.

Artinya, secara garis besar, game ini memiliki nilai bagus. Meski demikian, ada beberapa situs web game yang mengatakan bahwa game ini kurang memenuhi ekspektasi.

Salah satunya adalah situs PCMag yang memberikan skor 70 dari 100 untuk game Starfield.

Menurut PCMag, game ini dianggap biasa saja lantaran memiliki jalan cerita yang membosankan dan tidak "ramah" hardware karena tidak bisa dimainkan di PC spesifikasi rendah. 

Sebagai informasi, spesifikasi minimum yang harus dipenuhi PC untuk main Starfield adalah wajib menggunakan SSD, RAM 16 GB, VGA AMD Radeon RX 5700 atau NVIDIA GeForce 1070 Ti, CPU AMD Ryzen 5 2600X atau Intel Core i7-6800K, dan penyimpanan 125 GB.

Namun, PCMag tetap memberikan pujian pada game Starfield. Sebab, game ini memiliki gameplay dan senjata yang mengesankan, misi yang bervariasi, serta minim masalah (bug) meski baru dirilis.

Begitu pula penilaian yang diberikan oleh media khusus game, Gamespot. Gamespot memberikan skor 70 dari 100 untuk Starfield.

Baca juga: Game Starfield Meluncur di PC dan Xbox, Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Menurut Gamespot, selain jalan cerita dan lingkungan luar angkasa yang kurang bagus, sisi jelek game ini juga terlihat dari sistem peta (map) yang membingungkan. 

Namun, mereka mengacungkan jempol untuk Bethesda karena bisa membuat petualangan menggunakan kapal luar angkasa, begitu juga mekanisme permainan senjata di game ini, dirancang dengan begitu baik dan mulus. 

Mendapat skor sempurna

StarfieldBethesda Game Studios Starfield

Selain skor 70 dari 100 yang masuk ke dalam kategori baik, ada beberapa situs web game dan teknologi yang memberikan skor sempurna, alias 100 dari 100 untuk game Starfield.

Salah satunya adalah GamingBible. Menurut mereka, game ini sangat sempurna karena memiliki cerita utama yang menarik, serta beberapa misi dan kebebasan yang bisa mengubah sifat karakter dan jalannya permainan. 

Kemudian ada situs web GameRant yang juga memberikan skor 100 dari 100. Berdasarkan review mereka, Starfield adalah game eksplorasi luar angkasa ciamik yang satu level dengan seri game Bethesda yang cukup populer, yaitu Skyrim.

GameRant juga mengatakan bahwa game ini memiliki gameplay yang bagus, mekanisme bertarung yang mudah, jalan cerita yang apik, dan sistem permainan luar angkasa yang beda dari game lainnya. 

Lantas, bagaimana dengan ulasan dari situs web game dan teknologi lainnya? Selengkapnya, simak daftar skor ulasan atau review Starfield dari 10 situs web game dan teknologi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Metacritic.com, Jumat (8/9/2023). 

Baca juga: Bergadang Main Starfield, Gamer Selamat dari Kebakaran

  1. PCMag (70/100) > jalan cerita membosankan, tapi gameplay bagus dan minim bug.
  2. IGN (70/100) > eksplorasi luar angkasa kurang mengesankan, tapi sistem pertarungan cukup baik.
  3. Gamespot (70/100) > sistem peta membingungkan, tapi mekanisme permainan senjata baik.
  4. Digital Trends (70/100) > dunia luar angkasa terasa kurang luas, namun misi dan jalan cerita cukup bagus.
  5. TheGamer (80/100) > eksplorasi luar angkasa kurang memuaskan, namun jalan cerita cukup baik.
  6. Game Informer (85/100) > karakter dan dialog game cukup mengesankan, namun gameplay dan mekanisme bermain tidak mudah untuk dipelajari.
  7. Windows Central (90/100) > jalan cerita dan kualitas grafis papan atas, namun game dan sistem AI serta karakter komputer di dalam game (NPC) kurang dirancang dengan baik.
  8. Game Rant (100/100) > mekanisme bertarung sangat baik, dan jalan cerita cukup apik.
  9. GamingBible (100/100) > cerita utama menarik, ditambah dengan lingkungan luar angkasa dengan grafik mengesankan.
  10. GamingBolt (100/100) > jalan cerita, pengembangan karakter, misi tambahan, dan gameplay senjata sempurna untuk kelas game luar angkasa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com