Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bodi Titanium iPhone 15 Pro, Grade 5 dan Serupa Robot Penjelajah Mars

Kompas.com - 14/09/2023, 16:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan empat model iPhone, yaitu iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max dalam Apple Event "Wonderlust" pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. 

Pada acara ini, iPhone 15 Pro (termasuk iPhone 15 Pro Max) menjadi produk yang paling bikin acara tersebut heboh. Pasalnya, iPhone 15 Pro kini mengadopsi bodi dan bingkai premium yang memiliki material logam campuran (alloy) bernama titanium.

Bukan material titanium biasa, jenis titanium yang digunakan Apple di iPhone 15 Pro adalah jenis "Grade 5" yang diklaim lebih kuat dari besi alloy stainless steel, namun tetap ringan.

Materials Science Engineer Apple, Isabel Yang mengeklaim bahwa jenis titanium seperti ini sama dengan jenis titanium yang digunakan di salah satu robot penjelajah planet milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

"Material titanium Grade 5 di iPhone 15 Pro merupakan material yang sama dengan lapisan baja yang melindungi robot penjelajah planet Mars, yaitu 'Mars Rover'," klaim Isabel dalam acara peluncuran iPhone 15, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube resmi Apple.

Baca juga: Setelah 11 Tahun, Colokan iPhone Lightning Akhirnya Pensiun

Ilustrasi robot penjelajah planet Mars milik NASA yang biasa dijuluki Mars Rover.Apple Ilustrasi robot penjelajah planet Mars milik NASA yang biasa dijuluki Mars Rover.

Dengan bodi titanium, Isabel mengeklaim iPhone 15 Pro akan lebih kuat, lebih tahan banting, serta lebih ringan dari iPhone 14 Pro. Bahkan, Apple mengeklaim iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max merupakan iPhone model "Pro" yang paling ringan saat ini.  

Di atas kertas, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max masing-masing memiliki bobot sekitar 187 gram dan 221 gram, sedangkan bobot iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masing-masing adalah 206 gram dan 240 gram.

Selain lebih ringan, bodi titanium di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga diklaim akan bisa meredam panas lebih baik dari generasi sebelumnya.  

"Berkat kombinasi bahan besi campuran lain aluminum yang ada di dalam ponsel, bodi titanium di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan lebih cepat untuk meredam panas yang bersumber dari komponen utama ponsel," imbuh Isabel. 

Masih soal ketahanan, layar iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga kini dilapisi dengan kaca pelindung bernama "Ceramic Shield". 

Apple tidak mengumbar hasil uji ketahanan bodi titanium dan layar Ceramic Shield tersebut. Namun yang jelas, bodi titanium Grade 5 dan layar Ceramic Shield ini diklaim hanya hadir di ponsel Apple iPhone saja. 

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island

Spesifikasi serta harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 proApple iPhone 15 pro

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki desain yang sama, namun dengan spesifikasi yang nyaris identik. 

Perbedaan hanya ada di layar iPhone 15 Pro yang berukuran 6,1 inci dan iPhone 15 Pro yang berukuran 6,7 inci, serta kamera telefoto 12 MP (3x optical zoom) di iPhone 15 Pro dan telefoto "periskop" 12 MP (5x optical zoom) di iPhone 15 Pro Max. 

Selain layar dan kamera, spesifikasi lainnya sama persis. iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max kompak mengusung layar LTPO Super Retina XDR OLED dengan fitur ProMotion (refresh rate 120 Hz), HDR10, Dolby Vision, dan tingkat kecerahan mencapai 2.000 nit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com