Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Sesumbar Zenfone 10 Lebih Kencang dari Sesama HP Snapdragon 8 Gen 2

Kompas.com - 20/09/2023, 08:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Zenfone 10 dari Asus akan segera hadir di Indonesia. Salah satu peningkatan yang ditawarkan posnel tersebut dari pendahulunya adalah penggunaan System-on-Chip (SoC) lebih bertenaga, yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

SoC tersebut sudah banyak digunakan di ponsel-ponsel Android flagship berbagai vendor. Kendati demikian, Asus mengklaim bahwa kinerja Snapdragon 8 Gen 2 lebih tinggi dibandingkan ponsel kelas atas merek lain.

Dalam acara sneak peek Zenfone 10 di Jakarta, Asus menyajikan perbandingan skor benchmark Antutu Zenfone 10 dengan dua ponsel flagship Android. Terlihat dalam slide presentasi bahwa skor Zenfone 10 lebih tinggi.

Baca juga: Asus Zenfone 10 Resmi Masuk Indonesia 29 September, Ada Dua Versi

Dalam benchmark AnTuTu misalnya, Asus Zenfone 10 menghasilkan skor di kisaran 1,3 juta poin. Sementara, dua ponsel flagship yang dijadikan pembanding masing-masing mencatat skor di kisaran 1,1 juta poin dan 1,2 juta poin.

Skor benchmark AnTuTu dari Zenfone 10 yang ditunjukkan dalam acara sneak peek di Jakarta (19/9/2023). Terlihat angka yang diraih Zenfone 10 lebih tinggi dari dua ponsel flagship pembandingnya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Skor benchmark AnTuTu dari Zenfone 10 yang ditunjukkan dalam acara sneak peek di Jakarta (19/9/2023). Terlihat angka yang diraih Zenfone 10 lebih tinggi dari dua ponsel flagship pembandingnya.

Begitupun dengan benchmark Geekbench. Menurut pengujian Asus, skor Zenfone 10 sekitar 2.000 poin di uji single core dan 5.600 poin di uji multi-core, lebih tinggi dari dua smartphone kelas atas pembandingnya.

Sama-sama Snapdragon 8 Gen 2, kenapa beda?

Mengapa kinerja Snapdragon 8 Gen 2 di Zenfone 10 bisa diklaim lebih kencang? Menurut Mobile Phone and Gaming Product Marketing Asus Indonesia Advent Jose, Asus memang berusaha memaksimalkan kinerja Snapdragon 8 Gen 2 di Zenfone 10.

Baca juga: HP Asus Zenfone Tetap Diproduksi

"Semua feature yang dimiliki prosesornya, seperti Wi-Fi 7, dihidupkan, tidak dimatikan," ujar Jose dalam acara sneak peek Zenfone 10 yang digelar di Jakarta, Selasa (19/9/2023). "Jadi tidak tanggung, termasuk dari segi performance," imbuhnya.

Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto Asus menjelaskan bahwa Qualcomm memberikan fleksibilitas bagi para vendor perangkat dalam memilih aspek mana yang ingin ditonjolkan dari SoC Snapdragon.

Skor benchmark Geekbench dari Zenfone 10 yang ditunjukkan dalam acara sneak peek di Jakarta (19/9/2023). Terlihat angka yang diraih Zenfone 10 lebih tinggi dari dua ponsel flagship pembandingnya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Skor benchmark Geekbench dari Zenfone 10 yang ditunjukkan dalam acara sneak peek di Jakarta (19/9/2023). Terlihat angka yang diraih Zenfone 10 lebih tinggi dari dua ponsel flagship pembandingnya.

Dia mencontohkan vendor ponsel gaming yang ingin mengedepankan kinerja bisa mengatur agar Snapdragon 8 Gen 2 berjalan dengan kecepatan penuh.

"Maka dari itulah angka-angka benchmark bisa berbeda. Tergantung strategi brand dan target market-nya, serta apa kemampuan yang mau ditawarkan," ungkap Susanto, yang juga hadir dalam acara sneak peek Asus Zenfone 10.

Bukan ponsel gaming

Zenfone 10 sendiri sebenarnya bukan ponsel gaming. Berbeda dari lini ROG Phone -juga buatan Asus- yang memang ditujukan untuk para gamer dan selalu menggunakan chip Snapdragon terkencang.

Kendati demikian, Asus turut menerapkan fitur refresh rate 144 Hz untuk layar Zenfone 10. Refresh rate tinggi ini hanya tersedia di dalam game dan mesti diakses lewat pengaturan khusus di aplikasi Game Genie.

Baca juga: Asus ROG Ally Z1 Versi Murah Resmi Meluncur, Indonesia Kapan Kebagian?

Bagaimana dengan persoalan panas yang kerap menghinggapi prosesor berkinerja tinggi? Mobile Phone and Gaming Product Marketing Asus Indonesia Advent Jose mengakui bahwa memang ada concern mengenai suhu, terlebih karena bodi Zenfone 10 berukuran ringkas.

Misalnya, ketika bermain game dengan mengaktifkan refresh rate 144 Hz, temperatur perangkat pasti akan naik. Namun, Jose memastikan suhu Zenfone 10 masih dalam batas aman dan normal.

"Kalau dikondisikan dengan baik, suhu dan kenyamanan bermainnya bakal tetap terjaga. Maksudnya, adalah saat menggeber performanya itu usahakan, misalnya, dalam kondisi ruangan ber-AC. Sebaiknya jangan di luar ruangan atau sambil di-charge," ujar Jose.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com