Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Blokir WhatsApp tapi Foto Profil Tetap Ada, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 24/09/2023, 13:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA, punya fitur blokir kontak yang memungkinkan pengguna membatasi seseorang untuk berinteraksi dengannya. Saat kita memblokir seseorang, WA sejatinya tidak mengirim notifikasi kepadanya.

Baca juga: Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp untuk Kirim Chat dalam Bentuk Video

Namun, seseorang yang sudah diblokir itu bisa tahu kalau kita memblokirnya. Terdapat beberapa ciri-ciri WA diblokir, salah satunya adalah foto profil kita jadi tidak bisa dilihat lagi oleh orang yang sudah kita blokir di WA.

Ciri-ciri WA diblokir seperti itu mungkin bisa menjadi persoalan tersendiri. Jika nomor WA yang diblokir statusnya adalah orang asing, mungkin tidak jadi masalah.

Namun, bila kontak yang hendak diblokir adalah orang dekat atau teman, kita mungkin bakal bimbang untuk memblokirnya karena mereka dapat mengetahui dan bisa jadi tersinggung perasaannya.

Dalam kebimbangan itu, pengguna mungkin memerlukan cara blokir WhatsApp tapi foto profil tetap ada, sehingga kontak lain tak mengetahui kalau nomornya telah diblokir. Lantas, bagaimana cara blokir orang di WA tanpa menghilangkan foto profil kita?

Cara blokir WA tanpa menghilangkan foto profil

Jika hendak memblokir orang di WA tapi foto profil ingin tetap ada, terdapat satu trik atau cara yang bisa dilakukan. Cara blokir WA tanpa menghilangkan foto profil ini sejatinya tidak dilakukan dengan mengakses fitur blokir kontak pada umumnya.

Sebagai informasi, untuk memblokir kontak di WA, cara normalnya adalah dengan mengetuk opsi “Blokir” yang tertera di halaman informasi kontak WA. Akan tetapi, untuk blokir WA tanpa menghilangkan foto profil, caranya tidak seperti itu.

Baca juga: Menu Status WhatsApp Berubah Jadi “Pembaruan” dan Mirip Story IG, Kenapa?

Cara blokir WhatsApp tapi foto profil tetap ada bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Arsip atau Archive. Adapun penjelasan cara blokir WhatsApp tapi foto profil tetap ada dengan fitur Arsip secara mudah dan praktis adalah sebagai berikut:

  • Pilih kontak di daftar obrolan yang hendak diblokir.
  • Setelah itu, ketuk lama chat dari kontak tersebut dan pilih opsi “Arsip” atau “Archive”.
  • Terakhir, kontak tersebut beserta pesannya bakal berpindah ke folder khusus “Arsip”, tidak lagi berada di daftar obrolan biasa.

Ilustrasi cara blokir WhatsApp tanpa menghilangkan foto profil dengan memanfaatkan fitur Arsip.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara blokir WhatsApp tanpa menghilangkan foto profil dengan memanfaatkan fitur Arsip.

Perlu diketahui, fitur Archive atau Arsip ini memiliki efek yang hampir mirip dengan blokir kontak, yaitu dapat membatasi interaksi seseorang dengan kita di WA. Akan tetapi, tidak menimbulkan ciri-ciri yang bisa diketahui kontak lain seperti saat diblokir.

Ketika kontak diarsipkan, notifikasi pesan masuk dari mereka tidak akan ditampilkan ke pengguna. Pesan juga tidak akan muncul di daftar obrolan biasa karena berada di folder khusus “Arsip”.

Alhasil, pengguna tak akan terganggu dengan pesan dari kontak. Jadi, pengguna tak harus memblokir kontak dengan cara yang biasa untuk tidak terganggu dengan pesannya. Dengan fitur Arsip, kita tak akan memiliki ciri-ciri seperti saat memblokir.

Jadi, kontak atau orang lain yang diarsipkan tetap dapat melihat foto profil kita. Kemudian, kontak juga tetap bisa telepon dan mengirim pesan ke kita. Pesannya pun tertandai dengan centang dua, yang berarti pesan tersebut masuk ke WA kita.

Baca juga: Cara Menghapus Saluran WhatsApp dengan Mudah biar Tak Terganggu

Lantaran tetap bisa melihat foto profil dan menghubungi kita di WA, kontak yang diarsipkan atau seolah diblokir tak akan mengetahui bawah dirinya diarsipkan. Efek fitur Arsip inilah yang dapat dipakai sebagai cara blokir WhatsApp tapi foto profil tetap ada.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara blokir WA tapi foto profil tetap ada, secara mudah dan praktis dengan memanfaatkan fitur Arsip, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com