Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma Sudah Bisa Diunduh, Ini Daftar Mac yang Kebagian

Kompas.com - 27/09/2023, 10:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk komputer desktop Apple, MacOS Sonoma resmi bisa diunduh mulai Selasa, (26/9/2023) waktu Amerika Serikat.

Pantauan KompasTekno, pengguna Macbook di Indonesia sudah kebagian dan bisa upgrade software ke MacOS Sonoma mulai hari ini, Rabu (27/9/2023) pagi.

MacOS Sonoma pertama kali diumumkan Apple pada Juni lalu di ajang temu pengembang WWDC 2023. Setelah tiga bulan, sistem operasi ini akhirnya digelontorkan ke pengguna komputer Mac.

Untuk men-download MacOS Sonoma, pengguna Mac perlu membuka "System Settings app" > "General" > "Software Update" > "Upgrade Now".

Baca juga: MacOS Sonoma: Jadwal Rilis, Daftar Mac yang Kebagian, Cara Update, dan Fitur-fiturnya

Daftar Mac yang kebagian upgrade MacOS Sonoma

Daftar Perangkat Mac yang Kebagian Update MacOS Sonoma.Apple Daftar Perangkat Mac yang Kebagian Update MacOS Sonoma.
Tak semua seri Mac kompatibel untuk menjalankan MacOS Sonoma. Menurut rincian Apple, hanya seri Mac yang dirilis tahun 2017 dan yang lebih baru saja yang bakal bisa upgrade software ke MacOS Sonoma.

Berikut daftar perangkat Mac yang kebagian update software MacOS Sonoma, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Newsroom, Rabu (27/9/2023).

  • iMac 2019 dan yang lebih baru
  • iMac Pro 2017 MacBook Air 2018 dan yang lebih baru
  • MacBook Pro 2018 dan yang lebih baru
  • Mac Pro 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Studio 2022 dan yang lebih baru
  • Mac Mini 2018 dan yang lebih baru

Dengan demikian, perangkat Mac keluaran 2016 dan sebelumnya tidak akan kebagian update MacOS Sonoma.

Baca juga: iOS 17 dan MacOS Sonoma Sudah Dukung Passkey Apple ID

Fitur baru MacOS Sonoma

Sistem operasi suksesor MacOS Ventura ini membawa sederet fitur baru untuk pengguna PC iMac, iMac Pro, MacBook Pro/Air, Mac Pro, Mac Studio, hingga Mac Mini.

1. Widget

Dengan MacOS Sonoma, pengguna bisa menambahkan widget ke halaman muka komputer Mac. Yang menarik, pengguna bisa menggunakan fitur "Continuity" untuk mengimpor deretan widget yang ada di iPhone langsung ke laptop pengguna.

2. Presenter Overlay

Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.Apple Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.
Fitur MacOS Sonoma yang kedua adalah Presenter Overlay. Fitur ini menjadi bagian dari peningkatan fitur panggilan video di Mac. Presenter Overlay memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

3. Panggil Siri dengan cara baru

Di MacOS Sonoma, pengguna desktop Mac cukup mengatakan "Siri" saja untuk memberikan perintah suara. Dengan demikian, pengguna tak perlu lagi menambahkan kata "Hey" untuk memberikan perintah suara ke asisten virtual Apple itu.

4. AutoFill untuk dokumen PDF

Pengguna bisa mengisi formulir PDF yang lebih praktis dan cepat berkat fitur autofill atau isi otomatis. Fitur autofill bakal menggunakan informasi pengguna yang disimpan di desktop Mac untuk melengkapi dokumen.

5. Autocorrect yang lebih akurat

MacOS Sonoma membawa peningkatan pada fitur Autocorrect. Di Sonoma, Autocorrect disempurnakan. Kata yang dikoreksi otomatis bakal digarisbawahi untuk sementara, sehingga pengguna tahu kata apa yang telah diubah.

6. Screensaver slow-mo

MacOS Sonoma hadir dengan screensaver slow-motion baru yang menampilkan pemandangan yang indah dari seluruh dunia. Gambar pemandangan ini menjadi latar belakang desktop saat login.

Baca juga: Apa Itu Game Mode yang Ada di MacOS Sonoma?

7. Game Mode

Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.Apple Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.
MacOS Sonoma memiliki fitur yang mendukung main game di Mac, yakni Game Mode. Fitur ini dapat mengoptimalkan kinerja hardware komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU maksimum untuk game yang dimainkan.

8. Visual Look Up

Fitur Visual Look Up pada MacOS Sonoma memungkinkan pengguna untuk mencari informasi yang terkait dengan gambar atau foto. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapat informasi resep makanan dari foto makanan yang ada di galeri Mac.

9. Reaksi animasi di FaceTime

FaceTime juga mendapatkan pembaruan fitur di Sonoma. Salah satunya adalah fitur reaksi animasi ketika melakukan panggilan video. Reaksi animasi itu bisa muncul secara otomatis dari gestur tertentu yang dilakukan pengguna.

10. Kunci tab Private di Safari

Fitur Sonoma juga menyasar Safari. Salah satu fitur Sonoma di Safari adalah kunci pada tab mode Private. Pengguna bisa menambahkan kunci atau kata sandi untuk mengakses tab Private, sehingga tidak mudah dibuka oleh orang lain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com