Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinder Select Meluncur, Langganan Rp 7 Juta Per Bulan

Kompas.com - 28/09/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi kencan daring (dating apps) Tinder memperkenalkan paket langganan terbarunya, yakni Tinder Select. Biaya langganan ini dipatok seharga 500 dollar AS atau setara Rp 7,7 juta per bulan.

Fitur Tinder Select sudah diperkenalkan pada 2017 dan dapat diakses secara gratis. Hanya saja, saat itu paket langganan berupa undangan khusus yang diberikan kepada pengguna terkenal, seperti selebritas. Dikarenakan paket Tinder Select sudah berbayar, ada beberapa perubahan aturan.

Menurut Tinder, paket ini hanya ditawarkan ke 1 persen dari semua pengguna. Satu persen itu merujuk pada pengguna yang paling aktif mengakses aplikasi. Artinya, hanya pengguna yang paling aktif yang berkesempatan berlangganan paket baru.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengirim pesan langsung ke pengguna lain yang belum cocok, alias match, maksimal dua kali dalam seminggu. Biasanya, untuk memulai percakapan, kedua pihak terus match terlebih dulu.

Baca juga: Pig Butchering, Modus Penipuan Investasi Kripto Mirip “Tinder Swindler di Netflix

Pengguna Tinder Select juga lebih ditemui oleh pengguna “yang paling banyak dicari”. Benefit lainnya, pengguna Select tidak perlu andtre dan diprioritaskan, memiliki status spesial, mendapat pengalaman yang eksklusif, serva data menjajal fitur baru lebih dulu.

Kebaruan-kebaruan ini yang mungkin membuat harga langganannya lebih tinggi ketimbang paket berlangganan yang lain. Sebagai perbandingan, paket langganan Tinder Plus dibanderol 7,99 dollar AS (Rp 123.983) per bulan, Tinder Gold 24,99 dollar AS (Rp 387.778) per bulan, dan Tinder Platinum 29,99 dollar AS (Rp 465.365) per bulan.

Tinder mengatakan, penawaran baru yang dihadirkan merupakan hasil masukan para pengguna yang ingin lebih terlibat di dalam aplikasi supaya mereka bisa memiliki cara yang efisien dan efektif dalam mencari/menemukan koneksi.

“Kami tahu bahwa ada bagian dari pengguna yang sangat terlibat (di dalam aplikasi), aktif (dan berusaha) memprioritaskan cara yang lebih efektif dan efisien untuk menemukan koneksi,” ujar Kepala Produk Tinder, Mark Van Ryswyk.

“Maka dari itu, kami mencoba melakukan pengujian ekstensif dan (meminta) umpan balik dari audiens selama beberapa bulan terakhir untuk mengembangkan penawaran yang baru,” tambah Ryswyk.

Syarat daftar Tinder Select

Ilustrasi aplikasi kencan Unsplash Ilustrasi aplikasi kencan

Jika pengguna tertarik untuk mendaftarkan diri ke Tinder Select, ada lima persyaratan yang harus dipenuhi lebih dulu. Pengguna harus melakukan verifikasi foto, menyertakan biografi minimal 15 karakter, menyebutkan lima minat, menyertakan empat foto dan detail jenis hubungan yang ingin dijalin.

Baca juga: Sejarah Tinder, Medium Pencarian Jodoh Online

Apabila kelima hal tersebut sudah disietujui, pengguna akan mendapat lencana “Select” secara eksklusif dari Tinder. Lencana ini mirip seperti ikon akun terverifikasi (verified account) di X Twitter.

Cara kerjanya juga mirip. Ikon lencana bisa disembunyikan bila pengguna tidak ingin diketahui oleh pengguna lain. Hal ini juga bisa meningkatkan salah satu keamanan dan kenyamanan bagi pengguna.

Pengguna dapat menyembunyikan tampilan iklan yang muncul di aplikasi, menambah paket berlangganan dari Tinder Plus, Gold, ataupun Platinum untuk memaksimalkan pengalaman dan fitur di Tinder.

Tingkatkan pendapatan perusahaan

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/9/2023), paket berlanggganan baru ini hadir setahun setelah perusahaan induk Tinder, Match Group membeli perusahaan aplikasi kencan, The League.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com