Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memblokir Kontak di Telegram dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 08/10/2023, 16:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara memblokir kontak di Telegram. Lantas, sebenarnya apakah bisa memblokir kontak Telegram? Sama seperti aplikasi pesan instan lainnya, Telegram juga dibekali dengan fitur blokir kontak.

Baca juga: Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram, Mudah dan Cepat

Fitur blokir kontak di Telegram itu memungkinkan pengguna untuk membatasi interaksi dari akun atau pengguna lain yang dirasa cukup mengganggu. Dengan fitur tersebut, pengguna lain yang diblokir tak akan bisa menghubungi pengguna di Telegram.

Akun yang diblokir bakal tidak dapat mengirim pesan dan menelepon pengguna di Telegram. Tindakan blokir kontak di Telegram biasanya dibutuhkankan ketika pengguna merasa terganggu dengan interaksi yang dibuat oleh pengguna lain.

Misalnya, pengguna lain itu melakukan spam, menyebarkan penipuan, dan lain sebagainya. Jika terganggu, pengguna bisa memblokirnya supaya tak bisa menghubungi lagi via Telegram. Lantas, bagaimana cara memblokir kontak di Telegram?

Cara memblokir kontak di Telegram

Cara memblokir kontak di Telegram itu cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahaminya. Jika hendak blokir kontak di Telegram, tetapi belum tahu caranya, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara memblokir kontak di Telegram dengan mudah dan cepat. Adapun cara memblokir kontak di Telegram adalah sebagai berikut:

  • Buka menu “Contacts” di aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya, pilih kontak yang hendak diblokir.
  • Buka ruang obrolan dengan kontak tersebut.
  • Di halaman ruang obrolan, klik nama kontak itu untuk membuka halaman informasi kontak.
  • Pada halaman informasi kontak, klik ikon titik tiga.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Block User”.
  • Terakhir, untuk mengonfirmasi tindakan blokir kontak, tekan opsi “Block”.

Ilustrasi cara memblokir kontak di Telegram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara memblokir kontak di Telegram.

Baca juga: Cara Buat Channel WhatsApp Mirip Telegram beserta Fungsi-fungsinya

Kini, pengguna berhasil blokir kontak di Telegram. Pengguna lain yang dirasa mengganggu dan telah diblokir sekarang jadi tidak bisa menghubungi pengguna lagi di Telegram. Cukup mudah bukan cara memblokir kontak di Telegram?

Demikianlah penjelasan mengenai cara memblokir kontak di Telegram dengan mudah dan cepat. Sebagai informasi tambahan, setelah memblokir beberapa kontak, pengguna sejatinya bisa melihat kembali daftarnya di Telegram.

Lantas, bagaimana cara melihat kontak yang diblokir di Telegram? Bila ingin mengetahuinya, berikut adalah penjelasan cara melihat kontak yang diblokir di Telegram secara lengkap.

Cara melihat kontak yang diblokir di Telegram

  • Buka menu “Settings” di aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Privacy and Security”.
  • Kemudian, klik opsi “Blocked Users”.
  • Terakhir, pengguna bakal bisa melihat daftar semua kontak yang telah diblokirnya di Telegram.

Ilustrasi cara melihat kontak yang diblokir di Telegram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat kontak yang diblokir di Telegram.

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Telegram dan Signal Palsu Bisa Curi Data Pengguna Android

Itulah penjelasan soal cara melihat kontak yang diblokir di Telegram. Di daftar tersebut, pengguna bisa membatalkan pemblokiran pada kontak lain. Untuk membatalkannya, pengguna tinggal klik opsi “Edit” dan pilh opsi “Unblock” pada kontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com