Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Menghapus Akun Telegram dan Dampaknya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 09/10/2023, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara menghapus akun Telegram merupakan panduan dasar yang kiranya perlu diketahui oleh pengguna. Tindakan menghapus akun Telegram biasanya dibutuhkan ketika pengguna tak lagi ingin menggunakan Telegram.

Selain itu, tindakan menghapus akun Telegram biasanya juga dibutuhkan saat pengguna ingin menghapus semua data Telegram miliknya dan membuat akunnya menjadi seperti akun baru lagi.

Baca juga: Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram, Mudah dan Cepat

Dengan adanya kondisi-kondisi tersebut, cara menghapus akun Telegram menjadi penting untuk diketahui pengguna. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Telegram? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini soal cara menghapus akun Telegram.

Cara menghapus akun Telegram

Cara menghapus akun Telegram itu sejatinya cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah mengerti caranya. Jika hendak menghapus dan belum tahu caranya, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menghapus akun Telegram. Perlu diketahui, akun Telegram bisa dihapus secara permanen melalui dua cara, yakni langsung lewat aplikasi di HP (handphone) atau melalui tautan di browser laptop.

Adapun penjelasan masing-masing cara menghapus akun Telegram secara permanen adalah sebagai berikut.

1. Menghapus akun Telegram via aplikasi di HP

  • Buka aplikasi Telegram di HP.
  • Klik menu “Settings” dan pilih opsi “Privacy and Security”.
  • Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan kolom “Automatically Delete My Account”.
  • Selanjutnya, pada opsi “If Away For”, silakan pilih “Delete Account Now”. Di opsi ini, pengguna juga bisa mengatur agar akun Telegram dihapus secara otomatis setelah tidak aktif dalam jangka waktu yang bisa dipilih antara 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun.

Ilustrasi cara menghapus akun Telegram secara permanen langsung di aplikasi.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus akun Telegram secara permanen langsung di aplikasi.

Selain langsung di aplikasi Telegram HP, pengguna juga bisa menghapus akun Telegram melalui tautan yang dapat diakses di browser laptop atau komputer. Adapun cara menghapus akun Telegram via browser laptop adalah sebagai berikut.

Baca juga: Sejarah Aplikasi Telegram dan Perkembangannya

2. Menghapus akun Telegram via browser laptop

  • Buka tautan ini di browser laptop https://my.telegram.org/delete.
  • Masukkan nomor telepon yang digunakan jadi akun Telegram. Nomor telepon harus diawali kode negara, misalnya “+628111231232”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Next” dan masukkan kode verifikasi yang dikirim ke akun Telegram.
  • Setelah terverifikasi, klik opsi ”Delete account” dan pengguna bakal ditanya alasan menghapus akun.
  • Untuk mengonfirmasi tindakan, silakan klik opsi “Delete My Account” dan akun Telegram akan dihapus secara permanen.

Ilustrasi cara menghapus akun telegram melalui tautan di browser laptop.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus akun telegram melalui tautan di browser laptop.

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus akun Telegram, yang dapat dilakukan langsung di aplikasi HP ataupun melalui tautan di browser laptop. Sebagai informasi tambahan, menghapus akun Telegram itu berbeda dengan menonaktifkannya.

Sebelum menghapus akun Telegram, pengguna hendaknya telah memahami dulu dampaknya. Lantas, apa yang terjadi jika akun Telegram dihapus? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan dampak menghapus akun Telegram.

Dampak menghapus akun Telegram

Menghapus akun Telegram itu berbeda dengan menonaktifkan akun Telegram. Tindakan menghapus akun Telegram bakal menghapus semua data pengguna di Telegram secara permanen dan tidak bisa dipulihkan kembali.

Dikutip dari laman resmi Telegram, saat menghapus akun Telegram, semua data pengguna akan dihapus dari sistem, termasuk data chat, kiriman media, grup, dan profil kontak pengguna juga akan dihapus.

Selain menghapus semua data, dampak menghapus akun Telegram yang berikutnya adalah data pengguna yang akunnya telah dihapus tidak bisa dipulihkan kembali.

Jadi, setelah akun Telegram dihapus dan pengguna kembali login atau daftar akun dengan nomor yang sama, pengguna bakal hadir sebagai pengguna dengan akun baru. Pengguna tak akan bisa menjumpai riwayat chat dan grup yang ada sebelumnya.

Demikianlah penjelasan mengenai dampak menghapus akun Telegram. Dengan adanya dampak-dampak tersebut, pengguna bisa mempertimbangan terlebih dahulu jika hendak menghapus akun Telegram.

Baca juga: Duduk Perkara Perang Dingin WhatsApp Vs Telegram

Pengguna bisa memilih untuk menonaktifkan Telegram sementara waktu ketimbang menghapus akun, saat hanya ingin beristirahat sejenak menggunakan Telegram. Untuk menonaktifkan Telegram, caranya tinggal logout akun saja di aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com