Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Lengkap Fitur Baru MacOS Sonoma, Ada Game Mode

Kompas.com - 28/09/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - MacOS Sonoma resmi dirilis pada 26 September 2023. Sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac (komputer dan laptop Apple) itu sekarang sudah bisa diunduh oleh pengguna di Indonesia.

Sebagai penerus dari MacOS Ventura, MacOS Sonoma dibekali dengan peningkatan dan pembaruan fitur. Lantas, apa saja fitur MacOS Sonoma yang baru? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak daftar fitur MacOS Sonoma di bawah ini.

Baca juga: Cara Video Call Grup di Aplikasi WhatsApp Khusus Mac hingga 8 Orang Sekaligus

Fitur MacOS Sonoma

Sebagai informasi, MacOS Sonoma hadir dengan fitur-fitur yang memiliki fokus utama untuk meningkatkan pengalaman bekerja dan bermain pengguna di Mac. Fitur ini salah satunya hadir melalui fitur Game Mode yang dapat menunjang pengalaman bermain game di Mac.

Selain itu, MacOS Sonoma juga hadir dengan membawa fitur yang memungkinkan pengguna memodifikasi tampilan Mac secara lebih personal. Fitur ini hadir melalui fitur widget yang bisa diatur seperti pada iPhone.

Adapun daftar lengkap fitur MacOS Sonoma adalah sebagai berikut:

1. Game Mode

Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.Apple Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.

MacOS Sonoma memiliki fitur yang mendukung main game di Mac, yakni Game Mode. Fitur ini dapat mengoptimalkan kinerja hardware komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU secara maksimal saat bermain game.

Game Mode di MacOS Sonoma juga dapat membuat waktu respons yang lebih cepat pada perangkat joystick nirkabel dan AirPods yang terhubung dengan Mac, ketika bermain game .

2. Widget

Fitur widget di MacOS Sonoma yang bisa ditambahkan ke layar utama Mac.Apple Fitur widget di MacOS Sonoma yang bisa ditambahkan ke layar utama Mac.

Fitur MacOS Sonoma yang berikutnya terletak di widget. Fitur Widget sebetulnya sudah hadir sejak MacOS Monterey. Namun, widget saat itu hanya bisa diatur atau ditambahkan pada jendela notifikasi.

Kini, dengan MacOS Sonoma, widget dapat ditambahkan di layar utama Mac, sehingga mirip widget yang terdapat di iPhone.

Kemudian, yang menarik dari fitur widget di MacOS Sonoma, pengguna sekarang bisa menggunakan fitur "Continuity" untuk mengimpor deretan widget yang ada di iPhone langsung ke Mac.

3. Presenter Overlay

Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.Apple Fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

Fitur MacOS Sonoma yang berikutnya adalah Presenter Overlay. Fitur ini menjadi bagian dari peningkatan fitur panggilan video di Mac. Presenter Overlay memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

4. AutoFill untuk dokumen PDF

AutoFill untuk dokumen PDF Pengguna bisa mengisi formulir PDF yang lebih praktis dan cepat berkat fitur autofill atau isi otomatis. Fitur autofill bakal menggunakan informasi pengguna yang disimpan di desktop Mac untuk melengkapi dokumen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com