Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Tutup Layanan Online Konsol Game 3DS dan Wii U

Kompas.com - 09/10/2023, 17:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Nintendo

KOMPAS.com - Pada awal 2023, Nintendo menutup platform distribusi game digital eShop untuk konsol 3DS dan Wii U. Kini, layanan online kedua konsol genggam itu juga disuntik mati.

Nintendo akan menutup layanan online pada April 2024. Layanan online ini mencakup fitur untuk bermain multiplayer, peringkat (leaderboard) online, dan distribusi data game secara online.

"Mulai awal April 2024, permainan online dan fitur lainnya yang menggunakan komunikasi online, tidak bisa diakses lagi di konsol Nintendo 3DS dan Wii U," tulis Nintendo dalam blog resminya pada Rabu (4/10/2023).

Nintendo memastikan bakal mengumumkan tanggal dan waktu spesifik penutupan tersebut dalam beberapa waktu yang akan datang.

Namun, pihak Nintendo juga tidak menutup kemungkinan menyuntik mati layanan online kedua konsol itu lebih awal dari jadwal yang direncanakan, jika kondisinya memungkinkan. 

Selain itu, Nintendo juga mengonfirmasi bahwa penutupan layanan online ini juga berlaku, untuk software yang secara eksklusif meluncur di New Nintendo 3DS (model 3DS yang lebih mumpuni).

Saat ini, jumlah pemain konsol Nintendo 3DS dan Wii U memang menyusut. Namun, kedua konsol itu masih memiliki sejumlah game yang dimainkan secara online, seperti seri Pokemon atau Zelda.

Nintendo menegaskan bahwa pengguna tetap bisa memainkan game yang tak membutuhkan komunikasi online, setelah layanan tersebut ditutup.

Baca juga: Daftar Game Nintendo Switch Paling Laris, Ada Mario Kart dan Zelda

Setelah ditutup pada April 2024, pengguna juga masih bisa memanfaatkan layanan online Pokemon Bank (tempat menyimpan ribuan monster dari game Pokemon secara cloud) dan Poke Transporter (layanan memindahkan Pokemon dari game ke Pokemon Bank).

Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa duo software Pokemon ini juga akan "disuntik mati" pada waktu mendatang.

Selanjutnya, Nintendo menjelaskan bahwa pengguna masih bisa mengunduh data pembaruan (update), serta software, game, atau konten lainnya dari Nintendo eShop, untuk masa depan yang bisa diperkirakan.

Fitur StreetPass di 3DS (Fitur menukar data seperti pesan dan kode pertemanan saat berpapasan dengan 3DS lain) masih bisa digunakan karena memanfaatkan komunikasi lokal (Wi-Fi) antara sejumlah perangkat.

Namun, fitur SpotPass (Fitur mengunduh konten di 3DS dalam keadaan siaga/standby) yang menggunakan komunikasi online, tidak bisa dimanfaatkan lagi begitu layanan online ditutup.

Nintendo pun berterima kasih kepada semua pengguna, yang sudah mendukung dan menggunakan layanan online Nintendo 3DS dan Wii U.

"Kami dengan tulus berterima kasih kepada para pemain, yang telah menggunakan layanan online perangkat lunak Nintendo 3DS dan Wii U, dalam jangka waktu yang lama," tulis perusahaan game itu.

"Kami juga meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi," lanjutnya sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resmi Nintendo, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Keyboard Gaming Ini Mirip Konsol Nintendo Jadul

Tidak bisa membeli di eShop

Sebelumnya, Nintendo telah menutup toko eShop untuk konsol 3DS dan Wii U pada Maret 2023 lalu. Pengguna tidak bisa membeli game baru, dan mengunduh konten gratis seperti demo game.

Menurut Nintendo, penutupan ini merupakan bagian dari siklus hidup alami untuk semua produk, yang makin jarang digunakan oleh konsumen seiring berjalannya waktu.

Karena ditutup, pengguna tidak bisa menggunakan kartu kredit atau kartu eShop untuk menambahkan dana di platform 3DS dan Wii U. Pengguna juga tidak dapat mengeklaim kode download game di duo konsol tersebut.

Perlu dicatat, perubahan ini tidak berdampak pada konsol Nintendo Switch. Pengguna tetap bisa berbelanja secara leluasa di konsol handheld tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com