Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Gunakan Cloud dan AI untuk Tekan Dampak Lingkungan Kegiatan Olahraga

Kompas.com - 11/10/2023, 17:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Alibaba Cloud, bagian dari Alibaba Cloud, pekan ini mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan dua federasi olahraga internasional, yakni World Baseball Softball Confederation (WBSC) dan International Canoe Federation (ICF).

Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan keberlanjutan lingkungan (sustainability) dalam acara-acara olahraga berskala besar dengan memanfaatkan solusi berbasis cloud dan kecerdasan buatan (AI) dari Alibaba.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (11/10/2023), dengan WBSC, Alibaba Cloud mengembangkan produk, layanan, dan solusi agar acara-acara olahraga yang digelar bisa lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Tren dan Isu 2023 Cloud Computing di Indonesia

Penerapan perdana dari inisiatif sustainability Alibaba Cloud dilakukan dalam WBSC Youth Baseball5 World Cup yang berlangsung di Turkiye, 10-15 Oktober 2023.

Hal-hal yang dilakukan mencakup kalkulasi carbon footprint dari berbagai sumber seperti operasi venue, akomodasi, catering, penerbangan, serta transportasi peserta dan perlengkapan olahraga.

Di situsnya, WBSC menjelaskan bahwa kalkulasi carbon footprint oleh solusi sustainability Alibaba Cloud yang berbasis AI, Energy Expert, akan memberikan data yang berguna untuk meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan yang digelar.

Misalnya, dengan meningkatkan penggunaan berbagai tipe energi terbarukan dan meminimalisasi penggunaan daya selama konstruksi venue dalam tahap persiapan.

“WBSC, sebagai organisasi internasional yang mengelola baseball dan softball, sangat bangga dapat melanjutkan pengembangan acara-acara kami, beradaptasi untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ujar Chief Operating Officer WBSC Marco Ienna.“

Sementara itu, dalam kerjasamanya dengan ICF, Alibaba Cloud akan berkolaborasi dalam beberapa inisiatif, termasuk mengembangkan rangkaian perangkat sustainability dan membuat program untuk manajemen acara yang berkelanjutan.

Baca juga: Apa Itu Cloud Storage atau Penyimpanan Awan serta Contoh-contohnya

Pada 5 Oktober lalu, dalam gelaran Asian Games ke-19, Presiden ICF Thomas Konietzko dan Sekretaris Jenderal Richard Pettit mengunjungi pemukiman atlet di Hangzhou, Chia, untuk mencoba tool untuk hidup sustainable dari Alibaba Cloud.

Rangkaian tools itu didesain untuk membantu para peserta Asian Games dalam menlakukan kebiasaan-kebiasaan rendah karbon sekaligus mengurangi emisi karbon.

Konietzko mengatakan bahwa kano adalah cabang olahraga yang sangat berhubungan dengan lingkungan, dan karena itu penyelenggaraan kegiatannya harus sejalan dengan keberlanjutan.

"Kolaborasi yang sama-sama menguntungkan dengan Libaba Cloud akan memberikan teknologi dan solusi digital berbasis AI kepada ICF," ujar Koenitzko dalam laman berisi keterangan di situs ICF.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com