Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Colorful Perkenalkan 3 Kartu Grafis GeForce RTX 4060 dan RTX 4060 Ti dengan Konektor Daya Tersembunyi

Kompas.com - 13/10/2023, 14:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Konektor daya pemasok listrik di kartu grafis bisa mengganggu pandangan di interior casing komputer, apalagi jika jumlahnya banyak dan kusut. Beberapa pabrikan komponen hardware pun berupaya mengenyahkan kabel ini.

Salah satunya adalah Colorful yang pekan ini memperkenalkan dua kartu grafis bernama iGame GeForce RTX 4060 Ti Ultra Z OC dan iGame GeForce RTX 4060 Ultra Z OC.

Model RTX 4060 Ti terbagi menjadi dua varian memori, yakni 16 GB dan 8 GB, sehingga total terdapat tiga kartu grafis. Keunikan mereka adalah tidak memiliki konektor daya yang kasat mata. Tampilan interior PC dengan sidepanel transparan pun bisa dibuat makin rapi.

Baca juga: Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Ti 16 GB Dirilis, Ini Harganya

Sebab, konektor daya PCIe 8-pin tersebut disembunyikan di balik backplate yang bisa dilepas dan ditempelkan kembali dengan sistem magnet.

Konektor daya terdapat di ujung belakang PCB kartu grafis RTX 4060 dan RTX 4060 Ti dengan orientasi 90 derajat, sejajar dengan motherboard, sehingga kabel terpasang secara menyamping dan ditekuk.

Seri kartu grafis Ultra Z dari Colorful menyembunyikan konektor daya di balik backplate. Kabel power dipasang dalam orientasi 90 derajat dan ditekuk mengarah ke motherboardColorful Seri kartu grafis Ultra Z dari Colorful menyembunyikan konektor daya di balik backplate. Kabel power dipasang dalam orientasi 90 derajat dan ditekuk mengarah ke motherboard

Cooler yang digunakan berukuran besar dengan tiga buah kipas dan sehingga mampu menyembunyikan jalur kabel. Dimensi fisik ketiga kartu grafis ini pun relatif lebih tebal dan panjang dibandingkan kartu grafis RTX 4060 atau RTX 4060 Ti pada umumnya.

Colorful masih belum mengumumkan harga iGame GeForce RTX 4060 Ti Ultra Z OC 16/ 8 GB dan iGame GeForce RTX 4060 Ultra Z OC.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCFTech, Jumat (13/10/2023), mengingat konsepnya yang unik, kemungkinan banderolnya akan lebih tinggi dibanding harga normal.

Baca juga: Asus Dikabarkan Bersiap Produksi Kartu Grafis Tanpa Kabel Daya

Selain Colorful, Asus diketahui juga mengembangkan kartu grafis GeForce RTX 4070 "tanpa kabel". Bedanya, produk Asus menggunakan konektor khusus yang tersambung ke motherboard, sehingga mesti dipasangkan dengan motherboard khusus.

Kartu grafis dari Colorful menggunakan konektor daya PCIe 8-pin konvensional, tapi peletakannya diubah. Hanya saja, lantaran jalurnya yang di luar kebiasaan, tak menutup kemungkinan kabel daya bakal agak menyulitkan proses instalasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com