Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Search Engine dan Web Browser yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 14/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui perbedaan browser dan search engine. Dalam aktivitas mengakses internet, istilah browser atau web browser dan search engine itu sering digunakan dan saling berkaitan.

Lantaran memiliki keterkaitan, web browser dan search engine kerap disamakan. Padahal, search engine dan browser sejatinya merupakan dua hal yang berbeda. Pengguna yang biasa mengakses internet mungkin sudah tahu perbedaan search engine dan web browser.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Akan tetapi, sebagian pengguna lain bisa jadi belum memahami perbedaan search engine dan web browser, terutama mereka yang baru belajar mengakses internet.

Perbedaan browser dan search engine itu pada dasarnya perlu diketahui untuk mempermudah proses belajar mengakses internet. Lantas, apa perbedaan antara browser dan search engine?

Jika sedang belajar mengakses internet dan belum tahu perbedaan antara kedua istilah itu, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai perbedaan browser dan search engine.

Namun, sebelum memahami perbedaan search engine dan web browser, ada baiknya pengguna mengetahui dulu masing-masing pengertiannya. Pengetahuan atas pengertian search engine dan browser akan mempermudah dalam membedakannya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan search engine dan web browser? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian search engine

Search engine biasa disebut juga dengan mesin pencari. Search engine adalah salah satu jenis website yang dirancang dengan tujuan membantu pengguna dalam menemukan dan mencari informasi, halaman web, atau konten online lain yang tersedia di jaringan internet.

Dengan tujuan tersebut, pengguna dapat mengakses search engine dan mencari atau menemukan informasi dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan ke kolom pencarian yang tersedia di dalamnya.

Kemudian, mesin pencari bakal melakukan pencarian informasi melalui indeks informasi yang tersedia di database untuk menemukan halaman web yang relevan dengan kata kunci pengguna. Selanjutnya, mesin pencari akan menampilkan informasi itu dalam bentuk daftar.

Dikutip dari Geeks for Geeks, sebagai salah satu jenis website di internet, mesin pencari atau search engine memiliki tiga komponen utama yang khas, yang meliputi Crawler, Index, dan Search Algorithm.

Crawler di mesin pencari adalah program yang berfungsi memindai website-website dan konten yang ada di dalamnya, termasuk tautan, untuk menemukan informasi baru. Crawler akan terus-menerus memindai website-website dan kontennya.

Proses pemindaian tersebut biasa disebut juga dengan Crawling. Setelah proses Crawling, search engine akan memproses data yang telah dikumpulkan dan menyimpannya dalam database. Kemudian, search engine akan membuat Index.

Dalam proses pembuatan Index, setiap kata kunci atau keyword yang terkait dengan halaman web akan dibuat daftar sehingga memudahkan search engine dalam menampilkan hasil pencarian yang relevan. Proses ini biasa disebut dengan Indexing.

Kemudian, Search Algorithm adalah proses pencarian dan menyajikan informasi ke pengguna. Setelah melakukan Indexing, search engine akan membuat daftar hasil berdasarkan kata kunci paling relevan yang dimasukkan oleh pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com