Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 2 Tim "Mobile Legends" Indonesia yang Lolos Turnamen Dunia M5 World Championship

Kompas.com - 16/10/2023, 11:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Dua tim e-sports Tanah Air akan mewakili Indonesia di turnamen Mobile Legends Bang Bang skala dunia, M5 World Championship. Turnamen ini akan digelar di dua lokasi, Malaysia dan Filipina, mulai 23 November hingga 17 Desember 2023.

Adapun kedua tim tersebut adalah Onic Esports dan Geek Fam ID. Duo tim tersebut mengamankan tiket ke M5 World Championship, setelah menunjukkan performa yang gemilang di kompetisi nasional Mobile Legends Professional League Season 12 (MPL S12).

Onic Esports menjadi kampiun MPL S12 setelah menumbangkan Geek Fam ID dalam babak grand final. Sementara itu, Geek Fam ID harus puas dengan peringkat kedua alias runner-up.

Dua tiket untuk M5 diamankan kedua tim ini. Sementara itu, tim juara ketiga dan seterusnya tidak mendapatkan kesempatan yang sama.

Secara total, M5 World Championship akan diikuti oleh 22 tim dari berbagai negara. Delapan di antaranya adalah tim juara kedua atau ketiga di kompetisi nasional, serta tim yang belum mendapatkan tiket ke babak utama M5 World Championship.

Kedelapan tim ini akan masuk ke babak wildcard untuk memperebutkan dua tiket ke babak utama alias group stage M5 World Championship.

Sementara 14 tim sisanya, merupakan tim-tim yang sudah pasti masuk ke babak group stage, termasuk Onic Esports dan Geek Fam ID.

Nah, kedua tim asal Indonesia itu nantinya akan bersaing dengan tim-tim lain yang sudah pasti masuk ke babak utama, seperti HomeBois dari Malaysia, di mana tiga pemain di tim ini, berasal dari Indonesia.

Kemudian, ada pula RRQ Akira dan Bigetron Sons dari Brasil, See You Soon dari Kamboja, TheOhioBrothers dari Amerika Utara, dan masih banyak lagi. Daftar tim ini masih belum lengkap karena turnamen kualifikasi M5 di sejumlah negara masih belum rampung.

Jadi, nantinya, group stage akan dimulai dengan total 16 tim, yang terdiri dari 14 tim yang sudah pasti lolos ke babak utama, serta dua tim lain pemenang wildcard.

Baca juga: Onic Esports Juara MPL S12, Tiga Kali Berturut-turut sejak Season 10

Seluruh peserta M5 World Championship nantinya akan memperebutkan titel juara dan porsi hadiah terbesar, dari total hadiah mencapai 900.000 dollar AS (sekitar Rp 14,1 miliar). Hadiah ini lebih banyak dibanding kompetisi M4 yang digelar Januari 2023 lalu, yang saat itu sebesar 800.000 dollar AS (sekitar Rp 12,5 miliar).

Bicara soal M4, tim Indonesia yang berkompetisi tahun lalu adalah Onic Esports dan RRQ Hoshi. Perjalanan Onic Esports berakhir di empat besar, sehingga M5 menjadi kesempatan tim "Landak Kuning" tersebut untuk meraih hasil yang lebih baik.

Format M5 World Championship

Kompetisi M5 World Championship akan dimulai dari babak wildcard dari 23 November hingga 25 November 2023. Ini merupakan pertama kalinya kompetisi M Series menggunakan mekanisme wildcard.

Adapun beberapa tim yang akan masuk ke babak wildcard adalah Imperio dari Argentina, Team Lilgun dari Mongolia, dan lain-lain. Mereka akan dibagi ke dalam dua grup dan bertanding untuk mengumpulkan poin kemenangan.

Dua tim teratas dari masing-masing grup lolos ke babak Crossover Match, sedangkan dua tim terbawah tereliminasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com