Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Honkai Star Rail" Meluncur di PS5, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 17/10/2023, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Hoyolab

KOMPAS.com - Pengembang game asal China, Hoyoverse resmi meluncurkan game Honkai Star Rail di konsol PlayStation 5 (PS5). Game yang sebelumnya sudah diluncurkan di platform PC dan mobile (iOS/Android) ini dapat dimainkan secara gratis.

Honkai Star Rail merupakan game yang mengusung genre berbasis giliran (turn-based). Dengan kata lain, pemain mendapatkan giliran untuk mengatur strategi dan melakukan serangan, demi membasmi musuh yang menghadang.

Setelah giliran pemain berakhir, mereka harus menunggu musuh melakukan hal yang sama, layaknya game Pokemon atau Persona. Pertarungan pun akan berlanjut hingga tersisa satu pihak yang bertahan hidup.

Game dengan dunia terbuka (open-world) ini mengisahkan petualangan karakter utama bernama Trailblazer.

Baca juga: Update Honkai Star Rail Versi 1.4 Bawa Karakter Bintang Lima Baru

Suatu saat, karakter ini terbangun tanpa ingatan, dan pada akhirnya bergabung dengan sejumlah petualang lainnya untuk memecahkan teka-teki luar angkasa, Cancer of All Worlds.

Dalam perjalanan ini, Trailblazer akan dipertemukan dengan karakter lainnya yang bakal menjadi teman, serta beragam monster atau musuh yang menghadang jalan cerita.

Seperti Genshin Impact, game ini memiliki sistem undian (gacha), yang mana pengguna akan menggunakan mata uang dalam game (atau uang sungguhan), untuk mendapatkan karakter baru secara acak. Setiap karakter memiliki kemampuan (skill) yang berbeda.

Honkai Star Rail versi PS5 sudah dibekali dengan fitur cross save antar platform, sehingga pengguna PS5 bisa melanjutkan progres game yang telah mereka capai, jika sebelumnya sudah bermain di platform PC, Android, atau iOS.

Baca juga: Sony PS5 Slim Meluncur, Dijual November 2023 Harga Rp 7 Juta

Selain itu, pengguna Honkai Star Rail di PS5 juga bisa berteman dengan seluruh pengguna Honkai Star Rail, di platform lainnya secara online berkat adanya fitur cross play.

Cara download Honkai Star Rail di PS5

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honkai Star Rail bisa diunduh dan dimainkan secara cuma-cuma. Pengguna dapat mengunduh game turn-based tersebut dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka tab PlayStation Store di halaman beranda (home screen) PS5
  • Cari Honkai Star Rail
  • Klik "Download"

Perlu dicatat bahwa ukuran download Honkai Star Rail di PS5 sekitar 34 GB. Sebagai perbandingan, Honkai Star Rail di mobile membutuhkan media penyimpanan (storage) sekitar 10 GB, sedangkan versi PC membutuhkan sekitar 20 GB.

Bawa pembaruan 1.4

Update Honkai Star Rail 1.4 bertajuk Jolted Awake From a Winter DreamHoyoverse Update Honkai Star Rail 1.4 bertajuk Jolted Awake From a Winter Dream
Alasan mengapa ukuran download Honkai Star Rail besar karena sudah menghadirkan pembaruan (update) versi 1.4. Pembaruan bertajuk "Jolted Awake From a Winter Dream" ini memperkenalkan karakter, misi, area baru, dan masih banyak lagi.

Deretan karakter baru yang hadir di update 1.4 mencakup Topaz & Numby, Jingliu, dan Guinaifen.

Tak hanya karakter, dalam update versi 1.4 Honkai Star Rail ini ada sejumlah misi baru yang bisa diikuti pemain, yakni misi cerita lanjutan (Trailblaze Continuance) dan misi karakter (Companion Mission).

Misi cerita lanjutan berjudul "Jarilo-VI - Future Market" ini bakal mempertemukan pemain dengan Topaz, yakni utusan dari Interastral Peace Corporation, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Hoyolab, Selasa (17/10/2023).

Kemudian, ada pula misi karakter Jingliu, yaitu "Clouds Leave No Trace". Deskripsi ini menjelaskan adanya karakter misterius yang ingin bertemu dengan Dan Heng. Ada kemungkinan karakter misterius tersebut merujuk pada Jingliu.

Selengkapnya, pengguna bisa menyimak rincian update Honkai Star Rail versi 1.4 lewat artikel "Update "Honkai Star Rail" Versi 1.4 Bawa Karakter Bintang Lima Baru".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com