Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Konsumen Belum Pulih, Pasar Ponsel Dunia Masih Loyo

Kompas.com - 19/10/2023, 11:20 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar smartphone di seluruh dunia pada kuartal III-2023 masih loyo. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru firma riset Counterpoint Research.

Berdasarkan riset Counterpoint, secara umum volume penjualan smartphone turun 8 persen pada kuartal III-2023, dibanding kuartal III-2022 (Year-on-Year/YoY).

Berdasarkan laporan Counterpoint, masih lesunya pasar ponsel dunia disebabkan oleh belum pulihnya permintaan dari konsumen. Padahal, sebelumnya permintaan konsumen diproyeksikan mulai pulih pada kuartal III-2023.

Bila dibandingkan dengan kuartal II-2023 alias antar kuartal (QoQ), volume penjualan smartphone kuartal III-2023 tumbuh sekitar 2 persen. Penjualan yang paling signifikan terjadi pada bulan September, bersamaan dengan penjualan iPhone baru, meskipun baru dijual akhir bulan di 40 negara.

Dalam laporan yang sama, Counterpoint juga merangkum lima vendor smartphone dengan penjualan tertinggi pada kuartal III-2023.

Baca juga: Smartphone Murah Jadi Pendorong Pasar Ponsel di Indonesia

Secara umum, pangsa pasar lima besar vendor ponsel teratas, mengalami penurunan dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu.

Samsung misalnya, yang memimpin daftar lima besar vendor ponsel dengan penjualan tertinggi, membukukan pangsa pasar sebesar 20 persen. Angka itu turun dari kuartal III-2022 sebesar 21 persen.

Faktor pendorongnya masih berasal dari lini seri Galaxy A. Selain itu, pada kuartal ini, penjualan Galaxy Z Flip juga dua kali lipat lebih banyak dibanding pesaingnya, sehingga kian mendorong volume penjualan Samsung.

Apple menempati peringkat kedua dengan pangsa pasar 16 persen. Seperti Samsung, pangsa pasar Apple juga turun dibanding kuartal III-2022 sebesar 17 persen.

Xiaomi, Oppo dan Vivo membuntututi Apple di posisi ketiga dan seterusnya. Pangsa pasarnya juga turun seperti dua vendor teratas.

Xiaomi misalnya, membukukan pangsa pasar 12 persen, turun dari kuartal yang sama 2022 sebesar 13 persen.

Menurut Counterpoint, ketiga merek itu berupaya memperkuat posisi masing-masing di sejumlah pasar utama perusahaan, termasuk China dan India. Ketiga vendor asal China itu juga masih menunda upaya ekspansinya ke pasar lain.

Berikut daftar lima besar vendor smartphone di dunia kuartal III-2023 versi Counterpoint.

5 besar vendor smartphone kuartal III-2023

Tangkapan layar lima besar merek smartphone teratas dunia versi Counterpoint Research pada kuartal III-2023.Counterpoint Research Tangkapan layar lima besar merek smartphone teratas dunia versi Counterpoint Research pada kuartal III-2023.

  1. Samsung - 20 persen (turun 13 persen secara YoY)
  2. Apple - 16 persen (turun 9 persen secara YoY)
  3. Xiaomi - 12 persen (turun 15 persen secara YoY)
  4. Oppo - 10 persen (turun 10 persen secara YoY)
  5. Vivo - 8 persen (turun 14 persen secara YoY)

Selain lima vendor smartphone di atas, Counterpoint mencatat ada kenaikan tipis untuk segmen "others" atau gabungan merek ponsel lain, selain lima merek tersebut. Kenaikannya sebesar 2 persen dengan total pangsa pasar 34 persen.

Baca juga: Canalys: Pasar Smartphone Global Turun 11 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com