Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Bahasa di ChatGPT dengan Mudah, Bisa Pakai Bahasa Indonesia

Kompas.com - 22/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui dalam menggunakan ChatGPT untuk menjawab atau menanggapi perintah dan pertanyaan pengguna. Salah satunya seperti cara mengganti bahasa di ChatGPT.

Baca juga: Apa Itu ChatGPT: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Kegunaannya

Perlu diketahui, ChatGPT merupakan program chatbot AI berbasis Language Model, yang punya kemampuan untuk menjawab dan menanggapi berbagai bentuk perintah pengguna. Kemudian, ChatGPT juga dibekali dengan kemampuan memahami banyak bahasa.

Dengan kemampuan itu, pengguna bisa berinteraksi atau mengobrol dengan ChatGPT menggunakan beragam bahasa. Akan tetapi, pengguna mungkin banyak yang belum tahu soal cara mengganti bahasa di ChatGPT.

Sebagai informasi, dalam tampilan awal ChatGPT, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun, bahasa itu bisa diganti pengguna sesuai keinginan ketika ingin mengobrol dengan ChatGPT.

Pengguna bisa mengobrol dengan ChatGPT menggunakan beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Lantas, bagaimana cara mengganti bahasa di ChatGPT? Jika ingin mengganti dan belum tahu caranya, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap soal cara mengganti bahasa di ChatGPT untuk menjawab pertanyaan atau menanggapi perintah. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop, HP Android, dan iPhone dengan Mudah

Cara mengganti bahasa di ChatGPT untuk menjawab pertanyaan

Cara mengganti bahasa di ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan bahasa dalam menu khusus untuk mengganti bahasa ChatGPT. Adapun cara mengganti bahasa di ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Buka website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan bersiap mengobrol dengannya.
  • Pada ruang obrolan ChatGPT, silakan mengobrol langsung dengan ChatGPT, misal mengajukan pertanyaan atau perintah, menggunakan bahasa tertentu sesuai keinginan.
  • Pengguna bisa langsung mengajukan perintah atau pertanyaan dalam bahasa tertentu seperti bahasa Indonesia ke ChatGPT.
  • Setelah perintah atau pertanyaan dalam bahasa tertentu itu dimasukkan, ChatGPT bakal secara otomatis dapat memahaminya.
  • Kemudian, ChatGPT akan merespons pertanyaan atau perintah itu menggunakan bahasa yang dipakai oleh pengguna.
  • Dalam satu ruang obrolan, pengguna bisa langsung gonta-ganti bahasa dan ChatGPT bakal secara otomatis mengikutinya.

Ilustrasi cara mengganti bahasa di ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti bahasa di ChatGPT.

Cukup mudah bukan cara mengganti bahasa di ChatGPT? Pengguna bisa gonta-ganti bahasa untuk mengobrol dengan mudah karena ChatGPT memiliki kemampuan memahami hingga 95 bahasa.

Bahasa yang dikuasai ChatGPT antara lain, seperti bahasa Inggris, Perancis, Indonesia, Korea Selatan, China, Jepang, Jerman, Rusia, Italia, Spanyol, dan masih banyak lagi.

Saat mengobrol dengan ChatGPT, pengguna juga bisa bertanya atau memerintah menggunakan satu bahasa dan memintanya untuk menanggapi dengan bahasa lain. Misalnya, pengguna bertanya dalam bahasa Indonesia.

Kemudian, pengguna dapat memerintahkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan itu dalam bahasa Inggris. Salah satu contoh prompt atau perintahnya bisa seperti ini, “tolong jelaskan apa itu apel dalam bahasa Inggris”.

Baca juga: 10 Kegunaan ChatGPT dalam Dunia Pendidikan yang Perlu Diketahui

Demikianlah penjelasan seputar cara mengganti bahasa di ChatGPT dengan mudah. Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak menggunakan ChatGPT dalam bahasa tertentu yang dipahaminya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com