Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Perakit iPhone Gandeng Nvidia Bikin "Pabrik AI"

Kompas.com - 24/10/2023, 08:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perusahaan perakit produk-produk Apple, Foxconn, menggandeng Nvidia untuk membangun "pabrik kecerdasan buatan (AI)". "Pabrik AI" yang dimaksud adalah data center jenis baru yang didukung oleh chip serta software buatan Nvidia.

Kepala Foxconn, Liu Young-way dan CEO Nvidia Jensen Huang, mengumumkan kerja sama pembangunan fasilitas ini. Salah satu chip Nvidia yang akan dipakai di data center ini adalah superchip GH200.

Superchip Nvidia GH200 adalah chip yang dirilis pada Agustus lalu, yang diklaim mampu menjalankan model AI yang berukuran lebih besar dari sebelumnya. Superchip ini dirancang untuk mengatasi beban kerja AI generatif paling kompleks di dunia.

Menurut Foxconn, data center jenis baru itu akan dipakai untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mobil otonom.

"Jenis manufaktur baru sudah muncul, produksi intelijen. Dan data center yang memproduksinya adalah pabrik AI," kata CEO Nvidia, Jensen Huang, dalam pameran teknologi tahunan Foxconn di Taipei, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (24/10/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Huang juga menjelaskan bagaimana pabrik AI bisa menerima dan memproses data dari kendaraan listrik otonom agar jadi lebih pintar.

Huang bilang kendaraan itu akan mengumpulkan lebih banyak data. Data itu dikirim ke pabrik AI, kemudian diproses agar meningkatkan kemampuan software, hingga di-update ke semua kendaraan.

"Di masa depan, setiap perusahaan, setiap industri akan memiliki pabrik AI," ujar Huang.

Baca juga: Ancaman AI Jahat Mengintai dari Korea Utara

Ekspansi jadi penyedia solusi

Adapun Foxconn selama ini dikenal sebagai perusahaan perakit aneka produk Apple. Kini perusahaan ingin melanjutkan kesuksesannya lewat produksi kendaraan listrik bagi perusahaan lain.

Untuk mewujudkan misi itu, Foxconn menggandeng Nvidia pada Januari 2023. Keduanya bekerja sama mengembangkan platform kendaraan otonom.

Saat itu, Kepala Foxconn, Liu Young-way berkata bahwa pihaknya ingin mencoba mengubah perusahaan dari jasa manufaktur menjadi perusahaan penyedia solusi platform.

Dalam kerja sama ini, Foxconn berperan memproduksi unit kontrol elektronik (ECUs) untuk mobil, didasarkan pada chip Drive Orin buatan Nvidia, kemudian dijual ke pasar global.

Oktober ini Foxconn bahkan sudah meluncurkan van kargo listrik bernama Model N sebagai prototipe keenam dari pengembangan kendaraan listriknya.

Baca juga: Abigail Bailey, Robot AI yang Jadi Asisten Kepala Sekolah di Inggris

Kepala Bisnis Kendaraan Listrik Foxconn, Jun Seki sesumbar pihaknya tengah dalam diskusi degan 14 perusahaan potensial. Namun ia tak membocorkan nama perusahaan yang dimaksud.

Seki hanya berkata bahwa India dan Jepang adalah negara yang menjanjikan untuk pengembangan kendaraan listrik.

Sebagai tahap awal, Foxconn menargetkan pangsa pasar 5 persen secara global dan pendapatan sekitar 33 miliar dollar AS (Rp 526 triliun) dari manufaktur kendaraan listrik dan komponen pada tahun 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com