Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kinerja Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A17 Pro, Mana yang Lebih Kencang?

Kompas.com - 24/10/2023, 18:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Qualcomm diprediksi akan segera meluncurkan Snapdragon 8 Gen 3 untuk ponsel Android high-end pada pekan ini. Bocoran-bocoran makin banyak bermunculan menjelang kehadiran produk system-on-chip tersebut.

Salah satunya yang terbaru berupa skor Geekbench 6 dari Snapdragon 8 Gen 3. Nilai benchmark diperoleh dari Xiaomi 14, calon smartphone flagship yang kabarnya bakal diperkenalkan dalam waktu berdekatan dengan chip Qualcomm itu.

Dari tangkapan gambar bocoran terlihat bahwa Snapdragon 8 Gen 3 menghasilkan skor uji multi core sebesar 7.494 poin. Angkanya lebih tinggi dibandingkan chip teratas Apple, A17 Pro di iPhone 15 Pro dan Pro Max, yang mencatat 7.094 poin.

Baca juga: Perseteruan dengan ARM di Balik Chip Snapdragon Wear RISC-V dari Qualcomm

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCF Tech, Selasa (24/10/2023), keadaannya terbalik untuk uji single core, di mana Snapdragon 8 Gen 3 menghasilkan 2.207 poin, kalah dari A17 Pro dengan 2.846 poin.

Bocoran screenshot skor Geekbench 6 dari Snapdragon 8 Gen 3 di Xiaomi 14 (kiri), berikut perbandingannya dengan skor Geekbench Apple A17 ProGeekbench Bocoran screenshot skor Geekbench 6 dari Snapdragon 8 Gen 3 di Xiaomi 14 (kiri), berikut perbandingannya dengan skor Geekbench Apple A17 Pro

Satu hal lain dari Snapdragon 8 Gen 3 yang kemungkinan berada di bawah Apple A17 Pro adalah efisiensi daya. Sebab, Snapdragon 8 Gen 3 dibuat dengan proses fabrikasi 4nm, sementara A17 Pro menggunakan teknologi 3nm terbaru dari TSMC.

Sebelumnya, pada awal Oktober, sempat beredar pula bocoran benchmark AnTuTu V10 di mana chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 meraih skor di kisaran 2 juta poin.

Bocoran spesifikasi lengkap Snapdragon 8 Gen 3

Selain skor benchmark, bocoran spesifikasi lengkap Snapdragon 8 Gen 3 juga beredar pekan ini dari situs MS Power User yang mendapatkan sejumlah slide presentasi produk terkait, diduga dari Qualcomm.

Baca juga: Bocoran Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3, Tembus Angka 2 Juta

Chip ini disebut bakal memiliki 8 core CPU yang terbagi tiga yang masing-masing berisi 1 prime core berkecepatan 3,3 GHz, 5 performance core 3,2 GHz, dan 2 efficiency core 2,3 GHz (1+5+2).

Screenshot Geekbench 6 menyebutkan bahwa memang ada satu core CPU berkecepatan 3,3 GHz. Namun, kelima performance core memiliki clock speed berbeda, yakni tiga core di angka 3,15 GHz dan dua sisanya 2,96 GHz.

Bocoran slide berisi keterangan spesifikasi dan fitur Snapdragon 8 Gen 3 yang diperoleh MS Power UserMS Power User Bocoran slide berisi keterangan spesifikasi dan fitur Snapdragon 8 Gen 3 yang diperoleh MS Power User

Disebutkan bahwa salah satu fitur andalan Snapdragon 8 Gen 3 adalah kemampuan generative AI dengan neural processing unit (NPU) Hexagon baru yang disebut 98 persen lebih kencang dan 40 persen lebih efisien dibanding pendahulunya.

Baca juga: 3D Mark Solar Bay Dirilis, Benchmark Ray Tracing Cross Platfrom

NPU ini boleh jadi bakal dipakai untuk menjalankan fitur-fitur kecerdasan buatan dengan Snapdragon 8 Gen 3, misalnya membuang obyek yang tidak diinginkan dari video, atau membuat background dengan AI.

Dalam bocoran slide tercantum pula bahwa Snapdragon 8 Gen 3 bakal bisa menjalankan model AI seperti Stable Diffusion dan juga Llama 2 dari Meta.

Fitur lain yang digembar-gemborkan adalah rendering grafis ray tracing untuk game. Dengan GPU Adreno 750 yang diklaim 50 persen lebih kencang dari Adreno 740, Snapdragon 8 Gen 3 diklaim memiliki kemampuan ray tracing "sekelas konsol".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com