Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Dikabarkan Berencana Bikin Kamera Bergaya Retro

Kompas.com - 29/10/2023, 08:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Di dunia fotografi saat ini, kamera baru tapi tampilannya mirip barang lawas alias retro sudah menjadi hal lumrah. Pabrikan seperti Nikon, Fujifilm, hingga OM System menawarkan produk-produk macam itu.

Satu pengecualiannya adalah Canon yang masih tetap setia dengan desain utilitarian -mengedepankan fungsi ketimbang estetik- untuk kamera-kameranya.

Namun, belakangan dikabarkan bahwa Canon berencana mengubah haluan dengan ikut membuat kamera bergaya retro. Indikasinya muncul dari media sosial China, Weibo.

Baca juga: 5 Kamera Mirrorless Bergaya Retro yang Punya Tampilan Unik

Di sana, disebutkan bahwa Canon bertanya kepada para pengguna mengenai kamera klasik mana yang desainnya hendak diterapkan untuk produk mendatang dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Pertanyaan disampaikan lewat voting berisi daftar sejumlah kamera analog yang paling ikonik dari Canon, yakni SLR AE-1 dan F-1, serta rangefinder Canon P dan QL17.

Posting Weibo yang menggelar polling tentang kamera ikonik mana dari Canon yang desainnya akan diangkat kembaliWeibo Posting Weibo yang menggelar polling tentang kamera ikonik mana dari Canon yang desainnya akan diangkat kembali
Sejauh ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Minggu (29/10/2023), suara terbanyak diraih oleh Canon QL17, rangefinder populer Canon dari dekade 1970-an.

Kamera bernama lengkap Canon Canonet G-III QL17 itu merupakan generasi ketiga dari lini kamera Canonet yang pertama kali dirilis pada 1960-an dan sampai sekarang masih digemari oleh pehobi fotografi analog.

Singkatan "QL" pada namanya merupakan kependekan dari "Quick Loading", yakni fitur dari Canon yang dimaksudkan untuk mempermudah proses pengisian roll film ke kamera.

Sementara itu, Canon P (Populaire) adalah rangefinder yang lebih tua, dari dekade 1950-an dan masih menggunakan screw mount. Baik Canon QL17 maupun Canon P sama-sama memiliki desain klasik yang sedap dipandang.

Masih belum bisa dipastikan apakah Canon akan benar-benar merilis kamera bergaya retro atau tidak, tapi setidaknya pabrikan tersebut sudah menunjukkan minatnya ke arah sana dengan menggelar polling.

Baca juga: Nikon ZF Meluncur, Kamera Mirrorless Full Frame dengan Bodi Retro

Para pemain lain di industri kamera belakangan makin gencar merilis model-model bergaya retro.

Selain Fujifilm yang sejak awal memang mengusung konsep desain lawas, Nikon belakangan juga ikut menelurkan mirroress seri Zf yang meniru rancangan kamera SLR ikoniknya dari tahun 1980-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com