Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu CEO HP Enrique Lores, Ramah dan "Melokal" Pakai Batik

Kompas.com - 31/10/2023, 13:17 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden sekaligus Chief Executive Officer (CEO) HP Inc., Enrique Lores, bertandang ke kantor HP Indonesia di Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

Ini merupakan kunjungan pertama Lores ke Jakarta. Bos HP yang menjabat sebagai CEO sejak 2019 itu mengaku menikmati Jakarta pada kunjungan pertamanya ini.

Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto, mendapat kesempatan eksklusif untuk bertemu dan berbincang langsung dengan Lores di sela-sela jadwal kesibukannya di Jakarta.

Sebagai CEO, Enrique Lores meninggalkan kesan yang baik dan ramah. Saat Kompas.com masuk ruangan, ia sudah berdiri dan langsung menghampiri. Kami pun berjabat tangan dan bertukar kabar.

"Sebelumnya saya sudah pernah ke Bali, tapi ini pertama kalinya saya ke Jakarta. Kota Jakarta ini sangat modern, orang-orangnya energik, dan meninggalkan impresi yang sangat baik buat saya," kata Lores kepada KompasTekno, Selasa pagi.

Baca juga: PC Rasa Laptop HP Envy Move Dijual di Indonesia 30 Oktober, Ini Harganya

Selama mewawancarainya selama 20 menit, Lores berbicara dengan nada bicara yang jelas dan tenang.

Ia juga banyak menggunakan gestur tubuh ketika bicara. Sesi wawancara juga terasa menyenangkan dan tidak kaku karena Lores juga kerap bergurau.

Saat bertemu kami, Lores terlihat melokal dengan mengenakan atasan batik berwarna merah marun. Batik yang dikenakan Lores terlihat dihiasi oleh beberapa motif batik populer, seperti motif parang dan kawung.

"Batik ini sejujurnya nyaman dan sangat berwarna. Saya berasal dari Spanyol, negara yang berwarna. Jadi, saya menyukai Batik yang berwarna," kata Lores.

(ki-ka) Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto dan Presiden & CEO HP Inc. Enrique Lores berbincang selama kurang lebih 20 menit di kantor HP Indonesia, di Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).dok. HP Indonesia (ki-ka) Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto dan Presiden & CEO HP Inc. Enrique Lores berbincang selama kurang lebih 20 menit di kantor HP Indonesia, di Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

Sebelum bertemu KompasTekno, Enrique Lores juga mengadakan pertemuan dengan para pegawai HP Indonesia.

Pantauan KompasTekno, para pegawai HP juga mengenakan batik dengan motif dan warna yang beragam. Lores terkesan dengan pemandangan tersebut.

"Saya tadi bertemu dengan para karyawan HP Indonesia dan mereka mengenakan Batik juga. Saya pikir itu adalah salah satu pertemuan dengan karyawan yang paling berwarna yang pernah saya datangi. Itu pengalaman yang baik," kata Lores.

Selama kurang lebih 20 menit, Kompas.com berbincang dengan Lores seputar bisnis perusahaan HP secara global termasuk di Indonesia, khususnya di era pasca-pandemi dengan tren kerja/belajar hybrid dan ledakan AI.

Lores juga berbicara soal kebijakan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk produk-produk HP yang dipasarkan di Indonesia.

Aturan TKDN ini sedianya digalakkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sejak akhir 2022 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com