Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A15, Pakai Layar OLED 90 Hz

Kompas.com - 01/11/2023, 09:30 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan sedang mempersiapkan ponsel kelas menengah terbarunya dari keluarga A-series. Perangkat tersebut adalah Galaxy A15, penerus dari Galaxy A14 yang meluncur awal Januari 2023.

Merujuk pada bocoran paling baru, Galaxy A15 disebut-sebut datang dengan layar OLED berukuran 6,5 inci, resolusi HD Plus, dan refresh rate 90 Hz. Informasi tersebut diumbar oleh salah seorang tipster gadget bernama Paras Guglani di akun X Twitter pribadinya.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G, Tablet 11 Inci Rp 4 Jutaan

Jika benar, Galaxy A15 bakal membawa peningkatan yang cukup signifikan pada bagian layar. Sebab, pendahulunya masih mengusung panel PLS LCD dengan refresh rate 60 Hz.

Di sektor dapur pacu, Galaxy A15 dikabarkan tidak lagi mengandalkan chip Exynos 850 seperti Galaxy A15, melainkan MediaTek Dimensity 6100 Plus yang memiliki dua inti CPU Cortex-A77 2,2 GHz, enam inti CPU Cortex-A55 2 GHz, dan GPU Mali G57 MC2.

Kabarnya, chip Dimensity 6000 Plus tadi akan dipadu dengan RAM 4 GB/ 6 GB dan media internal 128 GB, berikut dukungan microSD hingga 1 TB.

Sang tipster juga mengungkapkan Galaxy A15 bakal datang dengan tiga kamera belakang. Konon, konfigurasi kameranya masih sama dengan Galaxy A14, yakni kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depan 13 MP.

Kabarnya, desain punggung Galaxy A15 akan sama seperti pendahulunya. Ketiga kamera belakang akan diposisikan secara vertikal dan dibenamkan langsung ke punggung, tanpa modul penampang.

Bocoran tampilan belakang dan sisi samping dari Galaxy A15Sam Mobile Bocoran tampilan belakang dan sisi samping dari Galaxy A15

Bocoran harga Samsung Galaxy A15, kisaran Rp 2 jutaan?

Menurut rumor lain yang beredar di dunia maya, Galaxy A15 akan turut dibekali pemindai sidik jari side mounted yang menyatu dengan tombol daya di samping perangkat. Untuk sistem operasi kabarnya sudah menggunakan Android 14 terbaru.

Baterai Samsung Galaxy A15 disinyalir berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 25 watt.  Fitur lainnya konon mencakup port USB C, jaringan 5G, dual-SIM, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, NFC, dan jack audio 3,5 mm.

Baca juga: Samsung One UI 6.0 Versi Stabil Meluncur, Galaxy S23 Kebagian Pertama

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sam Mobile,  Rabu (1/11/2023), Galaxy A15 kabarnya akan datang dengan dua warna saja, yakni Hitam dan Biru. Banderol harganya dimulai dari 150 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta.

Merujuk pada pendahulunya, Samsung merilis Galaxy A14 pada Januari 2023. Apabila Samsung masih menggunakan jadwal peluncuran yang sama, kemungkinan besar Galaxy A15 bakal dirilis pada Januari 2024.

Terlepas dari hal tersebut, perlu dicatat bahwa informasi di atas masih bersifat bocoran sehingga perangkat sebenarnya nanti bisa saja memiliki spesifikasi dan harga berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com