Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo DS Bakal Lahir Kembali?

Kompas.com - 01/11/2023, 18:40 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gamerant

KOMPAS.com - Konsel game genggam lipat Nintendo DS kemungkinan akan lahir kembali. Pasalnya, Nintendo sudah mengajukan paten desain konsol genggam baru yang bentuknya mirip seperti Nintendo DS.

Disebut mirip karena paten desain konsol itu digambarkan sebagai perangkat lipat dengan layar ganda. Selain itu, perangkat ini juga bisa dibuka tutup. Konsep ini juga sama seperti yang diusung Nintendo DS.

Yang membuat perangkat ini berbeda dengan Nintendo DS yaitu kemampuannya yang bisa dilepas menjadi dua unit terpisah, agar mendukung praktik multiplayer secara nirkabel. Jadi, dua pengguna bisa bermain game bersama dengan memakai satu konsol yang sama.

Baca juga: Nintendo Tutup Layanan Online Konsol Game 3DS dan Wii U

Gambar yang disertakan dalam pengajuan paten menjelaskan bahwa ketika kedua layar konsol digabungkan, maka tampilan fisiknya terlihat seperti konsol genggam tradisional.

Gambar paten konsol genggam Nintendo yang mirip Nintendo DSNintendo Gambar paten konsol genggam Nintendo yang mirip Nintendo DS

Nintendo juga menyertakan layar sentuh yang akan terlihat ketika konsol dilipat. Jadi, pengguna tetap bisa memakai konsol meski dalam keadaan terlipat lewat layar tersebut.

Gambar paten konsol genggam Nintendo yang mirip Nintendo DSNintendo Gambar paten konsol genggam Nintendo yang mirip Nintendo DS

Dengan demikian, total layar yang ada pada konsol ini sebanyak tiga layar, meliputi satu layar luar, dan dua layar dalam yang salah satunya dilengkapi dengan tombol kendali alias controller, dilansir KompasTekno dari GameRant, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Nintendo Switch 2 Disebut Meluncur Tahun Depan

Perlu dicatat bahwa perangkat itu masih sebatas paten. Belum dapat dipastikan apakah konsol lipat tersebut diwujudkan menjadi sebuah perangkat komersil atau sebatas uji coba Nintendo saja.

Nintendo DS hidup lagi?

Kemunculan gambar paten konsol Nintendo itu terbilang menarik karena seolah ingin menghidupkan lagi konsol ikonik Nintendo DS. Padahal, riwayat konsol ini sudah tamat dengan disetopnya produksi Nintendo DS generasi ketiga atau disebut 3DS, pada tahun 2020.

Saat itu, Nintendo menghentikan produksi semua konsol dari keluarga 3DS dan laman Nintendo Jepang pun mencantumkan keterangan bahwa konsol itu sudah "out of production".

Adapun Nintendo DS memulai debutnya pada ajang pameran game E3 pada tahun 2010, kemudian resmi meluncur bulan Februari tahun berikutnya.

Seiring waktu, anggota keluarga Nintendo 3DS bertambah banyak dengan kemunculan model-model lain untuk mengakomodir berbagai kebutuhan gamer, seperti Nintendo seri 2DS yang ditujukan sebagai versi lebih terjangkau.

3DS sendiri merupakan penerus dari Nintendo DS yang mempelopori konsep dua layar di konsol handheld dan diproduksi antara tahun 2004 hingga 2013.

Dengan disetopnya produksi Nintendo 3DS pada tahun 2020, maka kiprah konsol itu tercatat selama 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com