Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Isocell GNK, Sensor Kamera 50 MP Dukung Video 8K

Kompas.com - 06/11/2023, 12:46 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan kehadiran sensor kamera terbaru untuk perangkat smartphone kelas menengah hingga flagship, yakni Isocell GNK baru-baru ini. Sensor kamera ini mendukung resolusi 50 MP.

Isocell GNK ini merupakan penerus dari sensor kamera Isocell GN1 yang diperkenalkan Mei 2020. Isocell GN1 sebelumnya digunakan di berbagai ponsel Samsung dan merek lain, seperti Google Pixel 6 Pro dan 7 Pro, Vivo X Note, hingga Galaxy Note 20.

Dari segi ukuran, sensor Isocell GNK ini identik dengan GN1, yakni memiliki ukuran sensor 1/1,3 inci dengan ukuran piksel 1,2 mikron. Namun, sebagai suksesor, sensor Isocell GNK menawarkan peningkatan utama, seperti kemampuan fokus yang cepat, rentang dinamis yang lebih luas, hingga perekaman video resolusi tinggi 8K.

Pada aspek fokus, sensor kamera 50 MP Isocell GNK sudah mendukung teknologi Dual Pixel Pro autofocus. Teknologi ini memungkinkan sensor menangkap fokus cepat, sehingga pengguna bisa menjepret gambar tajam bahkan saat menangkap subjek bergerak.

Baca juga: Samsung Rilis Sensor Kamera 200 MP Isocell HPX, Apa Istimewanya selain Megapiksel Besar?

Sensor kamera 50 MP Isocell GNK mendukung perekaman resolusi tinggi 8K dengan frame rate 30 fps.dok. Samsung Sensor kamera 50 MP Isocell GNK mendukung perekaman resolusi tinggi 8K dengan frame rate 30 fps.
Dalam hal perekaman video, sensor GNK ini mendukung video resolusi tinggi hingga 8K dengan frame rate 30fps. Samsung mengeklaim, sensor bisa merekam 8K 30 fps tanpa kehilangan terlalu banyak bidang pandang.

Tak hanya itu, Isocell GNK ini juga mendukung perekaman video HDR dan FHD pada frame rate 240fps.

Terakhir, sensor kamera 50 MP ini dapat menangkap gambar dengan rentang dinamis hingga 120 dB. Dalam mode Pro, sensor GNK dapat menangkap gambar dengan kedalaman warna hingga 14-bit (RAW 14-bit). Untuk mencapai rentang dinamis yang luas, GNK bekerja dalam tiga mode ISO berbeda yang juga membantu mengurangi motion artifcats yang dapat mengganggu hasil jepretan.

Samsung mengatakan, sensor kamera 50 MP GNK ini juga membawa teknologi Tetrapiksel untuk menangkap gambar lebih baik di kondisi cahaya minim. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi Tetrapixel, di mana empat sensor digabungkan menjadi ukuran yang lebih besar (2,4 mikron), sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Baca juga: Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Samsung belum mengungkapkan ponsel mana yang akan mendapatkan sensor baru terlebih dahulu, tapi kemungkinan besar kita akan melihat ponsel pertama yang menggunakan Isocell GNK tahun depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari lama resmi Samsung Semiconductor, Senin (6/11/2023).

Selengkapnya, berikut spesifikasi sensor kamera 50 MP Isocell GNK.

  Spesifikasi Isocell GNK
Effective Resolution 8,160 x 6,144 (50MP)
Pixel Size 1.2μm
Optical Format 1/1.3″
Color Filter Dual Tetrapixel RGB Bayer Pattern
Normal Frame Rate Up to 24fps @ full 50MP
90fps @ 12.5MP
Video Frame Rate 30fps @ 8K
120fps @ 4K
240fps @ FHD
Shutter Type Electronic rolling shutter
ADC Accuracy 10-bits
Supply Voltage 2.2V for analog
1.8V for I/O
0.9V for digital core supply
Operating Temperature -20? to +85?
Interface 4 lanes (2.5Gbps per lane) D-PHY
3 lanes (4.0 Gsps per lane) C-PHY
Chroma RGB
Auto Focus Dual Pixel Pro (PDAF)
HDR Staggered HDR, Smart-ISO Pro
Output Formats RAW8/10/12/14
Analog Gain x144@12.5MP and x72@50MP
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com