Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi "Studio" Hadir di Samsung OneUI 6.0, Edit Video dengan Fitur Lebih Lengkap

Kompas.com - 07/11/2023, 17:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem antarmuka terbaru Samsung, OneUI 6.0 versi stabil, mulai dirilis ke pengguna Galaxy S23 series global, termasuk Indonesia.

Ponsel Galaxy S23 Ultra yang digunakan KompasTekno juga sudah kebagian OneUI 6.0 berbasis Android 14 sejak 3 November 2023.

Salah satu fitur baru yang dibawa Samsung OneUI 6.0 adalah "Studio", aplikasi edit video bawaan baru dengan fitur lebih lengkap dari yang sudah ada.

Sebenarnya, Samsung sudah memiliki fitur edit video bawaan dengan di galeri, yakni lewat fitur "Create-Movie". Namun, fitur Create-Movie tersebut memiliki fitur yang terbatas.

Nah, aplikasi Studio yang hadir lewat OneUI 6.0 ini menawarkan fitur edit video yang lebih komplet. Misalnya, pengguna kini bisa menambahkan video hitam polos (blank clip) secara instan dari stok shot bawaan Samsung. 

Baca juga: 23 HP Samsung yang Kebagian OneUI 6.0 Android 14 dan Daftar Fitur Barunya

Tampilan apliksi edit video Samsung Studio di HP Samsung Galaxy S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan apliksi edit video Samsung Studio di HP Samsung Galaxy S23 Ultra.
Kemudian, pengguna juga bisa menambahkan lebih dari satu musik di latar belakang (background music).

Dengan mengedit video di Studio, pengguna bisa menambahkan dua lagu atau lebih untuk melengkapi video. Pengguna juga bisa memotong musik untuk mengatur awal dan akhir lagu.

Tak hanya itu, di Studio, ada pula efek fade-in dan fade out yang bisa disematkan pada musik, sehingga transisi masuk/keluar musik menjadi lebih smooth.

Aplikasi Studio di OneUI 6.0 ini juga hadir dengan fitur teks yang lebih lengkap dan bisa diatur sedemikian rupa.

Pengguna bisa memilih jenis font, ukuran, memilih warna, hingga memberikan stroke dan background pada teks. Di aplikasi Studio ini pengguna juga bisa mengatur letak dan durasi teks.

Sebelumnya di fitur "Create-Movie", pengguna hanya bisa memberikan judul dengan 5 template yang disediakan, dan tidak bisa mengatur font serta durasi teks.

Selain teks, pengguna sekarang juga bisa menambahkan stiker dan emoji dari library Samsung atau dari galeri ponsel.

Baca juga: Samsung Resmi Rilis Antarmuka OneUI 5.1.1, Tablet dan Ponsel Lipat Lama Kebagian

Tampilan apliksi edit video Samsung Studio di HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Bila menggunakan aplikasi Studio yang baru, pengguna bisa menambahkan efek fade in dan fade out pada background musi, menambahkan teks yang di-kustom, hingga memilih resolusi dan format video.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan apliksi edit video Samsung Studio di HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Bila menggunakan aplikasi Studio yang baru, pengguna bisa menambahkan efek fade in dan fade out pada background musi, menambahkan teks yang di-kustom, hingga memilih resolusi dan format video.
Format video hemat penyimpanan 

Kini, pengguna juga bisa mengatur video dalam format HEVC yang lebih hemat penyimpanan atau H.264 (paling kompatibel). Pengguna juga bisa memilih resolusi video, antara HD (720 x 1.280 piksel) atau FHD (1.080 x 1.920 piksel).

Sebelumnya, di fitur "Create-Movie", video pengguna akan otomatis disimpan dalam resolusi FHD.

Saat ini, Studio belum memberikan opsi menyimpan video dengan resolusi tinggi 2K/4K seperti aplikasi edit video macam Capcut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com