Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Main 5 Game Berat dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE

Kompas.com - 06/11/2023, 19:28 WIB
Oik Yusuf,
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan lini tablet Galaxy Tab S9 FE (Fan Edition) series di Indonesia pada Oktober lalu. Samsung Tab S9 FE adalah versi "ringan" dari lini flagship Galaxy Tab S9 yang meluncur Juli 2023.

Samsung Galaxy Tab S9 FE diotaki System-on-Chip (SoC) Exynos 1380 berfabrikasi 5 nm, dengan kecepatan (clockspeed) hingga 2,4 GHz.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Tab S9 FE Plus Bisa Dibeli Hari Ini di Indonesia

Chip dengan delapan inti CPU (octa-core) ini dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Dengan spesifikasi demikian, seperti apa performa gaming Samsung Galaxy Tab S9 FE? Berikut hasil pengujian KompasTekno dengan memainkan lima game berat, mulai Genshin Impact hingga Mobile Legends: Big Bang.

Genshin Impact, jangan "rata kanan"

Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan sekitar 45 hingga 50 FPS ketika bermain Genshin Impact dengan pengaturan grafik Lowest.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan sekitar 45 hingga 50 FPS ketika bermain Genshin Impact dengan pengaturan grafik Lowest.
Game pertama yang KompasTekno coba adalah Genshin Impact yang cocok untuk menguji performa gawai karena grafisnya yang ciamik, dunia terbuka (open-world) yang sangat luas, dan segudang efek partikel saat pemain sedang bertempur.

Berdasarkan uji coba yang kami lakukan, Samsung Tab S9 FE nyaman digunakan untuk bermain Genshin Impact.

Catatannya, pemain harus memilih pengaturan grafis "rata kiri" alias "Lowest". Dengan grafis seperti ini, visual game terlihat lebih minimalis tetapi jalannya game akan terasa lebih mulus.

Ketika sedang mengeksplorasi kota Fontaine, KompasTekno mendapatkan frame rate sekitar 49 hingga 53 fps yang terkadang turun menjadi 39 fps, misalnya ketika sedang melompat dari tempat tinggi atau melihat sekeliling karakter dengan cepat.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus di Indonesia

Yang menarik, frame rate yang didapat saat sedang bertempur dengan musuh juga berada di kisaran 45 hingga 50 fps. Jumlah fpstersebut bisa dilihat pada gambar di atas, tepatnya pada bagian kiri atas di sebelah tulisan "Current Average fps".

Memang, frame rate bisa turun menjadi sekitar 37 fps ketika ada banyak partikel dalam pertarungan. Namun, pengalaman bermain Genshin Impact tetap terasa nyaman.

Beda cerita jika pengguna memilih pengaturan grafis "rata kanan" alias "High". Ketika menjelajahi kota, frame rate yang dihasilkan hanya 32 fps saja. Itupun mengalami penurunan menjadi 20 fps sekitar lima detik sekali. Frame rate seperti ini tentu tidak ideal.

Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan sekitar 26 hingga 32 FPS ketika bermain Genshin Impact dengan pengaturan grafik High.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan sekitar 26 hingga 32 FPS ketika bermain Genshin Impact dengan pengaturan grafik High.
Kemudian ketika bertarung dengan musuh di area Teyvat, frame rate mentok di angka 26 fps saja. Game akan mengalami stuttering dan turun ke 19 fps berulang kali. Bagian punggung tablet di bawah kamera akan terasa panas.

Dengan begitu, KompasTekno tidak merekomendasikan pemain menggunakan grafik "rata kanan", supaya pengguna memiliki pengalaman bermain yang optimal dan agar suhu tablet tetap terjaga.

Lancar jaya main Call of Duty: Mobile

Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan 61 FPS secara konsisten ketika bermain Call of Duty Mobile dengan pengaturan grafik High dan LowKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Samsung Galaxy Tab S9 FE bisa mendapatkan 61 FPS secara konsisten ketika bermain Call of Duty Mobile dengan pengaturan grafik High dan Low
Proses pengujian (benchmark) selanjutnya dilakukan di game Call of Duty: Mobile (CODM). Berbeda dengan Genshin Impact, Samsung Tab S9 FE tampak bisa melibasnya dengan frame rate tinggi, baik dalam pengaturan grafik "High" maupun "Lowest".

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G, Tablet 11 Inci Rp 4 Jutaan

Pantauan kami, tablet ini tetap mendapatkan 61 fps secara konsisten di kedua pengaturan tersebut. Karena sama, pengguna bisa menggunakan grafis "High" agar game tampil lebih realistis saat dimainkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com