Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kipas Angin Burung Hantu Sharp Bantu "Healing" Fisik dan Mental

Kompas.com - 11/11/2023, 08:40 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Bentuknya bisa menipu. Meski tampak lucu dan cocok menjadi pajangan, burung hantu buatan Sharp ini ternyata adalah sebuah kipas angin.

Kipas burung hantu ini dipamerkan Sharp dalam ajang Sharp Tech Day 2023, di Tokyo, Jepang, Sabtu (11/11/2023).

Sharp mengatakan, kipas burung hantu ini bisa digunakan untuk "healing" untuk memenuhi kesehatan fisik dan mental penggunanya.

Sharp menyebut kipas burung hantu ini dengan nama Haneyasume. Ketika sayap burung hantu ini mengepak, anginnya akan terasa di kedua sisi sayap.

Baca juga: Sharp Pamer Prototipe TV AI Hemat Listrik

Menurut Sharp, kipas burung hantu ini dirancang untuk membuat angin yang natural dan menyerupai angin alami.

Sebab, menurut riset internal Sharp, angin alami yang sepoi-sepoi bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih rileks dan santai.

"Angin yang alami berbeda dengan kipas angin biasa. Kipas angin biasa bisa terlalu kencang yang malah tidak baik untuk kesehatan," kata salah satu staf Sharp kepada KompasTekno.

Menurut Sharp, struktur sayap pada kipas ini memang dirancang sesuai dengan bentuk sayap burung hantu sebenarnya. Sharp sendiri merancang produk-produknya dengan mengacu pada lingkungan dan alam.

Dengan mengacu pada bentuk dan gerakan burung hantu yang sesungguhnya, menurut Sharp, kipas angin ini dapat menghasilkan hembusan angin alami dengan kekuatan dan frekuensi yang berbeda di setiap kepakannya.

Baca juga: Sharp Tech Day 2023 Dibuka, Pamer Peralatan Serba AI

Sehingga, angin yang menerpa dapat menimbulkan rasa nyaman.

Kemudian, pemilihan bentuk "burung hantu" ini juga tidak sembarangan. Sharp mengatakan bahwa burung hantu dapat bergerak dan terbang dengan efisien.

"Karena itulah, kami mengadopsi bentuk dan mekanisme gerakan burung hantu ini, juga sebagai simbol perangkat hemat daya," kata pihak Sharp.

Kipas angin burung hantu ini rencananya akan dirilis pada 2024 mendatang. Menurut pihak Sharp, kipas angin burung hantu ini akan dijual di toko peralatan kesehatan, bukan peralatan rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com