Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang HP: Infinix Laku kayak Kacang Goreng tapi "Gaib"

Kompas.com - 20/06/2023, 10:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Infinix menjadi satu-satunya vendor smartphone di Indonesia yang bisa mencetak pertumbuhan pengiriman (shipment) smartphone pada kuartal I-2023 lalu, menurut laporan firma riset pasar Counterpoint Research per 24 Mei 2023.

Infinix tercatat memiliki angka pertumbuhan pengiriman yang positif untuk periode Januari-Maret 2023, yaitu naik 36,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Artinya, HP Infinix tengah banyak dibeli oleh konsumen. Hal ini sejalan dengan temuan KompasTekno saat melakukan tandang toko ke 28 konter HP yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Mayoritas konter penjual HP yang kami sambangi menyebut nama Infinix ketika kami bertanya soal "HP apa yang paling laris/dicari belakangan ini?".

"Paling ramai jualnya Infinix, kayak kacang goreng," kata Devi, penjaga konter HP Queen Cell di Roxy.

Namun, di tengah permintaan yang tinggi, stok ponsel Infinix ternyata sulit. Sehingga membuat ponsel ini bisa dibilang "gaib" di pasaran. Setidaknya begitulah menurut penuturan Azriel, RO Erafone Supermall Karawaci.

"Untuk sekarang Infinix Hot 30 dan 30i yang lagi banyak diminati. Tapi barangnya yang susah. Paling cuman masuk 2 atau 3 unit per minggunya. Jadi isunya di stok sih," kata Azriel.

Baca juga: Pengiriman HP di Indonesia Lesu, Begini Kondisi di ITC Roxy

Pemilik konter HP Fasianty Cell di e-center Supermall Karawaci, Bianca juga mengungkapkan hal senada dengan Azriel soal minimnya stok HP Infinix.

"Yang lagi banyak dicari itu Infinix Hot 30i. Tapi itu barangnya susah. Jadi harus pre-order, tapi kadang pre-order juga belum tentu dapat," kata Bianca.

Baca juga: Infinix Hot 30i: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Penjual HP yang kami sambangi juga merinci beberapa HP Infinix yang laris dibeli konsumen, di antaranya ada Infinix Smart 7, Infinix, Hot 20i series, Infinix Note 12 2023, dan Infinix Note 30i.

KompasTekno pun menghubungi pihak Infinix Indonesia untuk meminta tanggapan soal stok Infinix yang "gaib" ini.

Country Marketing Manager Infinix Indonesia, Sergio Ticoalu mengungkapkan memang ada lonjakan permintaan untuk ponsel Infinix. Hal inilah yang kemungkinan besar membuat HP Infinix gaib.

"Kami mengakui ada lonjakan permintaan yang signifikan baik di online maupun offline platform terhadap produk Infinix. Tim Infinix berusaha memastikan pengalaman konsumen tidak terganggu dan bekerja keras untuk memenuhi stok produk, baik dari aspek produksi dan distribusi," kata Sergio.

Baca juga: 6 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal I-2023

HP entry-level tumbuh di Indonesia

Spesifikasi dan harga Infinix Hot 30iInfinix Spesifikasi dan harga Infinix Hot 30i
Di lapangan, kami juga menemukan, HP Infinix yang paling diburu konsumen adalah di segmen entry-level dengan rentang harga Rp 1-3 jutaan.

Menurut para pedagang HP, Infinix menjadi pilihan karena mampu menawarkan kapasitas memori besar serta prosesor yang bagus, dengan harga yang lebih terjangkau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com