Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canva Magic Studio Meluncur Bawa 10 Fitur Edit Foto Bertenaga AI

Kompas.com - Diperbarui 05/10/2023, 07:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Platform desain grafis Canva resmi meluncurkan layanan "Magic Studio" pada Rabu, (4/10/2023). Yang istimewa, Magic Studio ini menawarkan 10 fitur baru yang sudah ditenagai dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

CEO Canva, Melanie Perkins mengatakan, 10 fitur baru bertenaga AI di Magic Studio ini memungkinkan pengguna membuat konten visual dengan lebih mudah, lebih cepat, dan naik level.

"10 fitur bertenagai AI ini bakal benar-benar mendorong orang mencapai tujuan mereka (membuat konten visual yang diinginkan), tanpa menyita banyak waktu," kata Mel, panggilan akrab Melanie, saat konferensi pers virtual, Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Perjalanan Canva, Dulu Ditolak 100 Investor Kini Bernilai Rp 370 Triliun

Adapun 10 tools AI baru di Canva Magic Studio meliputi Magic Design, Magic Switch, Magic Media, Magic Write, Magic Animate, Magic Morph, Magic Grab, Magic Expand, Magic Edit v2, Magic Alt Text.

Kesepuluh tools AI di Magic Studio dirilis sekaligus untuk merayakan satu dekade Canva. Platform ini pertama didirikan oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht, dan Cameron Adams di Perth, Australia pada 1 Januari 2013.

"Memperkuat misi Canva untuk mendemokratisasi desain, Magic Studio hadir sebagai platform desain AI terlengkap di dunia yang memberdayakan individu, tim, dan organisasi untuk meningkatkan kreativitas mereka, meningkatkan produktivitas mereka dan meningkatkan skala merek mereka," kata Melanie.

Berikut penjelasan singkat fungsi 10 tools AI baru di Canva Magic Studio.

Magic Design

Tools Magic Design memungkinkan pengguna memvisualisasikan ide miliknya menjadi desain presentasi, video, hingga posting media sosial secara instan.Canva Tools Magic Design memungkinkan pengguna memvisualisasikan ide miliknya menjadi desain presentasi, video, hingga posting media sosial secara instan.
Tools Magic Design memungkinkan pengguna memvisualisasikan ide miliknya menjadi desain presentasi, video, hingga posting media sosial secara instan.

Pengguna tinggal menuliskan deskripsi lengkap terkait idenya atau mengunggah media sebagai referensi. Nantinya, Magic Design secara otomatis menghasilkan beberapa desain posting media sosial sesuai referensi dan deskripsi yang diberikan.

Baca juga: 10 Aplikasi Desain Selain Canva yang Bisa Diakses Gratis

Bagi pelaku bisnis, mereka juga bisa menambahkan identitas bisnis mereka seperti logo, warna, serta jenis huruf khas perusahaan dengan sekali klik.

Lalu, Magic Design juga bisa menghasilkan video secara instan dari klip video dan gambar dari pengguna. Magic Design untuk video ini juga secara otomatis memberikan rekomendasi musik dan teks pada video.

Magic Design juga memungkinkan pengguna membuat slide presentasi yang menarik dalam waktu singkat. Pengguna tinggal berikan deskripsi dan topik yang diinginkan untuk desain presentasi. Pengguna juga bisa menambahkan identitas bisnis ke slide presentasi.

Magic Switch

Magic Swtich memungkinkan pengguna mengubah format, bahasa, dan ukuran desain dalam sekejap. Dengan Magic Switch, pengguna dapat mengubah dek presentasi menjadi format dokumen.Canva Magic Swtich memungkinkan pengguna mengubah format, bahasa, dan ukuran desain dalam sekejap. Dengan Magic Switch, pengguna dapat mengubah dek presentasi menjadi format dokumen.
Magic Swtich memungkinkan pengguna mengubah format, bahasa, dan ukuran desain dalam sekejap.

Dengan Magic Switch, pengguna dapat mengubah dek presentasi menjadi format dokumen. Canva Magic Studio memberikan beberapa opsi format teks, yaitu ringkasan, posting blog, puisi, lirik lagu, email, hingga umpan balik.

Ketika pengguna memilih opsi ringkasan, Magic Switch akan otomatis mengonversikan slide presentasi menjadi dokumen berisi ringkasan materi presentasi. Dengan Magic Switch, pengguna juga bisa mengonversi konten ke posting Instagram Stories dan situs web.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com