BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Kunjungi Pabrik Oppo Indonesia, Najwa Shihab Buktikan Kualitas Find N3 Series

Kompas.com - 16/11/2023, 14:55 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menghadirkan produk inovatif yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen sudah jelas menjadi tanggung jawab setiap produsen gawai, termasuk Oppo Indonesia.

Namun, bagi Oppo, aspek tersebut bukanlah satu-satunya yang diutamakan. Sebagai perusahaan, Oppo juga punya komitmen untuk memberdayakan talenta lokal.

Hal tersebut dibuktikan lewat Oppo Find N3. Foldable smartphone teranyar Oppo ini dirakit di Indonesia menggunakan tangan-tangan terampil anak bangsa. Tepatnya, di Oppo Manufacturing Indonesia, Kota Tangerang, Banten.

Oppo Find N3 pun menjadi flagship smartphone pertama Oppo yang diproduksi di Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas 10,1 hektare (ha) sejak 1 Agustus 2022, fasilitas produksi tersebut mempekerjakan 1.200 tenaga kerja. Sebanyak 98 persen di antaranya adalah tenaga kerja Indonesia.

Soal kecanggihan, Oppo Manufacturing Indonesia telah dilengkapi teknologi terdepan berstandar internasional, mulai dari lini produksi, pengujian, spare part warehouse, hingga quality control lab. Tujuannya, agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas unggul.

Jurnalis sekaligus pendiri Narasi Najwa Shihab berkesempatan mengunjungi Oppo Manufacturing Indonesia pada Jumat (27/10/2023). Seperti diketahui, sosok yang akrab disapa Nana tersebut merupakan pengguna Android. Hal ini dapat dilihat dari beberapa unggahan pada media sosial pribadinya.

Nana bersama Narasi mengunjungi fasilitas tersebut untuk melihat langsung pembuatan Oppo Find N3 yang direncanakan meluncur di pasar smartphone Indonesia, Senin (20/11/2023).

Aktivitas itu ia dokumentasikan dalam video bertajuk “Lihat Langsung Produksi & Pengujian OPPO Find N3 | Special Project” yang ditayangkan dalam kanal Youtube Narasi, Senin (13/11/2023).

“Oppo sangat teliti menyiapkan perangkat Find N3, mulai dari pemilihan tenaga kerja lokal terbaik, perakitan dengan ketelitian tinggi, hingga berbagai pengujian untuk memastikan ketahanan produk. Hal ini semakin memantapkan posisi Oppo sebagai produsen smartphone premium di Indonesia,” ujar Nana dalam video tersebut.

Menurut Nana, kelitian dalam pembuatan Find Series memantapkan posisi Oppo sebagai produsen smartphone premium. Dok. Oppo Menurut Nana, kelitian dalam pembuatan Find Series memantapkan posisi Oppo sebagai produsen smartphone premium.

Jadi seri tertinggi sehingga butuh ketelitian tinggi

Secara hierarki, Find Series menjadi perangkat kelas tertinggi yang diproduksi Oppo. Sebab, pembuatannya lebih rumit ketimbang seri Oppo lain, seperti Reno dan A Series. Untuk memastikan kualitasnya, pekerja yang terlibat pun dipilih secara khusus.

Adapun tenaga kerja yang terlibat dalam pembuatan Oppo Find N3 Series berjumlah 130 orang.

Product Engineer Oppo Find N3 Haikal Widayanko mengatakan, pihaknya hanya mempekerjakan tenaga yang memiliki kualitas terbaik, terlatih, dan tersertifikasi dalam memproduksi Find Series.

“Oppo Indonesia memastikan setiap produknya dibuat berdasarkan standar internasional yang ditetapkan oleh laboratorium Oppo di China,” jelasnya dalam video tersebut.

Ia melanjutkan, pembuatan Oppo Find N3 terdiri dari tiga tahapan proses. Pertama, instalasi untuk memastikan bahwa semua komponen smartphone sudah terpasang dengan benar.

Kedua, testing atau pengujian untuk memastikan bahwa smartphone berfungsi dengan baik. Ketiga, packing atau pengemasan guna memastikan bahwa smartphone dikemas dengan aman dan rapi.

Setiap produk dirakit dengan presisi dan ketelitian tinggi untuk menyajikan kualitas terbaik bagi penggunanya.

Pengujian sendiri memiliki serangkaian tahapan yang dilakukan di Quality Control Lab, di antaranya micro-drop test dari ketinggian 10 cm sebanyak 14.000 kali dan tes jatuh dari ketinggian mulai 1 meter. Hal ini untuk memastikan performa smartphone optimal sebelum diterima oleh konsumen.

Oppo Find N3 pun menjadi foldable smartphone pertama yang lolos uji ketahanan buka tutup hingga 1 juta kali oleh TUV Rheinland. Kemampuan ini berasal dari Flexion Hinge generasi ketiga yang digunakan Oppo untuk produk tersebut.

Flexion Hinge generasi ketiga memiliki beberapa kelebihan dari generasi sebelumnya, yakni lebih ramping, ringan, kokoh, dan tahan lama. Hal ini pula yang membuat layar smartphone tersebut bebas bekas lipatan saat dibentangkan.

Oppo Find N3 dirancang dengan berbagai keunggulan demi kenyamanan pengguna.  Dok. Oppo Oppo Find N3 dirancang dengan berbagai keunggulan demi kenyamanan pengguna.

Karena dibuat dengan fokus kenyamanan pengguna, bodi Oppo Find N3 didesain lebih tipis dan ringan ketimbang pesaingnya. Bobotnya hanya 239 gram dengan tebal 5,8 mm saat dibentangkan.

Selain itu, smartphone tersebut juga telah melewati pengujian penggunaan pada suhu ekstrem minus 20 derajat Celsius hingga 50 derajat Celsius.

Usai melihat seluruh rangkaian pembuatan Oppo Find N3 secara langsung di Oppo Manufacturing Indonesia, Nana menyimpulkan bahwa ponsel tersebut membawa berbagai keunggulan yang belum pernah ada pada foldable smartphone di Tanah Air.

Keunggulan tersebut di antaranya bobot yang lebih ringan, layar dalam yang lebih minim lekukan, serta kemampuan kamera flagship yang mampu memberikan kualitas gambar setara kamera profesional dan lebih unggul jika dibandingkan dengan smartphone foldable saat ini.

Untuk diketahui, Oppo membuka early pre-order Find N3 secara offline dan online. Dengan membayar down payment (DP) sebesar Rp 2.999.000, konsumen bisa mengikuti program tersebut dan mendapatkan sederet bonus tambahan senilai hingga Rp 7.500.000.

Adapun bonus itu berupa voucer potongan diskon 10 persen, SuperVOOC 80W Car Charger, cashback bank hingga Rp1.500.000 serta Oppo Premium Service.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Oppo Find N3, silakan klik tautan ini.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com